"Operasi Patuh Turangga 2024: Penertiban Ranmor Polres Sikka Sukses Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas"

Tribratanewssikka.com-Maumere. Satuan Lalulintas Polres Sikka telah sukses melaksanakan kegiatan penertiban kendaraan bermotor sebagai bagian dari Operasi Patuh Turangga 2024. Operasi ini bertujuan untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas yang aman, lancar, tertib, dan kondusif di wilayah hukum Polres Sikka.

Kegiatan penertiban ini dilakukan pada hari Jumat, 26 Juli 2024, mulai pukul 07.00 Wita hingga selesai. Lokasi kegiatan meliputi jalan-jalan utama seperti Jln. Ahmad Yani, Jln. Raja Centis, dan Jln. Yos Sudarso.

Dipimpin oleh Kasat Lantas Polres Sikka AKP Ratna Yuda Tupong, kegiatan ini juga didampingi oleh KBO Sat Lantas Ipda Efraim Emanuel dan Kanit Turjawali IPDA Ngurah Manik. Personil yang terlibat dalam kegiatan ini meliputi anggota Polres Sikka, Kodim 1603-Sikka, Lanal Maumere, Brimob Batalyon C, Dispenda, dan Dishub.

Kegiatan ini menargetkan sejumlah pelanggaran kasat mata yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas, antara lain:Pengendara yang tidak menggunakan helm SNI Penggunaan ponsel saat berkendara Pengendara di bawah umur Pengendara sepeda motor yang berbonceng lebih dari satu orang Pengendara yang melawan arus Berkendara dalam pengaruh alkohol Melebihi batas kecepatan Penggunaan knalpot racing (brong) Kendaraan tanpa kelengkapan surat-surat Pelanggaran over load dan over dimensi Pick-up yang mengangkut orang Pelanggaran terhadap rambu lalu lintas.

 

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan apel dan pemberian arahan (APP) kepada seluruh personil. Pemeriksaan difokuskan pada kendaraan yang tidak dilengkapi TNKB atau TNKB yang sudah kedaluwarsa. Penindakan dilakukan melalui tilang maupun teguran kepada pengendara yang melanggar.

 

Hasil dari kegiatan ini sangat memuaskan, dengan tercapainya tujuan menciptakan Kamseltibcar Lantas di Kab. Sikka. Masyarakat semakin sadar akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas, dan pelanggaran serta angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sikka dapat dikurangi. Kegiatan penertiban ranmor dalam Operasi Patuh Turangga 2024 berlangsung dengan aman, lancar, dan tertib.