Polres Sikka Gelar Rakor Lintas Sektor Persiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Polres Sikka Gelar Rakor Lintas Sektor Persiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H
Polres Sikka Gelar Rakor Lintas Sektor Persiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Tribratanewssikka.com, Maumere – Polres Sikka menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral persiapan Operasi Ketupat 2021 Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Aula Kemala Hikmah Polres Sikka, Selasa (4/5/2021) pagi.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Sikka AKBP Sajimin, S.I.K., M.H., bersama Sekretaris Daerah Kab. Sikka Adrianus Alfin Parera, S.E., M.Si., dan dihadiri oleh pimpinan maupun perwakilan dari berbagai instansi terkait di Kabupaten Sikka.

Dalam kegiatan tersebut, masing-masing instansi memaparkan situasi dan perkembangan serta persiapan menjelang perayaan Idul Fitri Tahun 1442 H.

Kapolres Sikka dalam rakor tersebut menekankan agar tiap-tiap instansi mengecek personilnya dan sarana prasarana yang akan digunakan, serta personil yang ditugaskan nantinya agar sebaiknya dilakukan pengecekkan terlebih dahulu.

“Terkait dengan paparan-paparan tadi, apa yang akan dilakukan dan diputuskan oleh Pemda dan Gugus Tugas Covid-19 Kab. Sikka, kami sebagai pihak keamanan akan menindaklanjuti sesuai yang diputuskan, selain itu untuk kebijakan larangan mudik, kami akan mempersiapkan pengamanan sebagai langkah antisipasi,” tutur Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga menambahkan, untuk melakukan antisipasi menyesuaikan informasi yang diberikan oleh BMKG Kab. Sikka terkait situasi dan kondisi cuaca.

“Mari kita melaksanakan pengamanan ini secara bersama-sama, tidak akan selesai dengan baik bila kita melaksanakannya sendiri. Dalam pengamanan Idul Fitri ada 2 hal penting yaitu pencegahan covid-19 dan perekonomian tetap berjalan, bagaimana dan apa yang harus kita lakukan agar kedua hal tersebut dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Sekretaris Daerah Kab. Sikka dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta rakor dan pemaparan yang sudah diberikan.

“Dalam persiapan Hari Raya Idul Fitri ada beberapa hal penting yang harus disiapkan, antara lain pertama kondisi pasar harus aman, kebutuhan terhadap pangan harus aman. Kedua kondisi layanan harus aman, listrik, air, dan kebutuhan lainnya harus dalam kondisi aman. Ketiga kondisi keamanan, ketertiban dan kenyamanan di Kab. Sikka dan saya yakin tim ini sudah sangat solid dan sangat baik dan menciptakan sitkamtibmas yang aman dan kondusif di Kab. Sikka. Yang keempat, situasi bencana memang tidak kita prediksi kapan bencana akan terjadi, namun kita harus melakukan upaya mitigasi bencana dengan baik. Masyarakat Kab. Sikka harus merayakan Idul Fitri dengan aman dan nyaman,” jelas Sekda Kab. Sikka.

Diakhir arahannya, Sekda Kab. Sikka mengucapkan terima kasih atas keterlibatan semua peserta rakor, tetap semangat dan sukseskan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Kab. Sikka. (k21)