Matangkan Persiapan Operasi Keselamatan Turangga 2023, Polres Sikka Gelar Latihan Pra Operasi

Matangkan Persiapan Operasi Keselamatan Turangga 2023, Polres Sikka Gelar Latihan Pra Operasi

Tribratanewssikka.com, Maumere – Dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, Kepolisian Resor Sikka mulai tanggal 7 sampai 20 Februari 2023 akan melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi Operasi Keselamatan Turangga 2023 dalam rangka cipta kondisi kamseltibcar lantas menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H di wilayah hukum Polres Sikka.

Berkaitan dengan kesiapan operasi tersebut, Polres Sikka menggelar latihan pra operasi (lat pra ops) yang berlangsung di ruang rapat PPKO Polres Sikka, Jumat (2/2/23) pagi.

Saat memimpin kegiatan tersebut, Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K., mengatakan, lat pra ops bertujuan untuk menyamakan persepsi, cara bertindak, target operasi, dan pembuatan format laporan.

Untuk itu, Kapolres menekankan semua Kasatgas dan anggota yang terlibat dalam operasi, serius mengikuti latihan agar tidak keliru dalam bertindak dilapangan.

“Saya minta rekan-rekan serius dalam latihan ini. Para instruktur yang memberikan paparan, agar betul-betul menyampaikan target, sasaran, cara bertindak sehingga anggota mengerti apa tugasnya dan bertanggung jawab pada siapa” tegas Kapolres.

"Kalau rekan-rekan memahami dengan benar, maka dapat bertindak sesuai dengan sasaran maupun target operasi. Dan juga antara fungsi harus berkoordinasi secara baik agar tidak terjadi miss komunikasi dilapangan" tambahnya.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, operasi keselamatan ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sehingga dalam pelaksanaan operasi nantinya, anggota diminta untuk tidak underestimed dengan selalu mempedomani petunjuk, cara bertindak serta ketentuan- ketentuan dalam operasi Keselamatan.

Kegiatan yang diikuti Perwira, Staf dan Brigadir yang terlibat dalam operasi Keselamatan Turangga 2023 ini juga diisi dengan paparan dari para Satgas Operasi Keselamatan antara lain Kabag Ops AKP Safruddin, Kasat Lantas Polres Sikka AKP Firamuddin, S.H., dan Kasat Intelkam Iptu Suparjo.