POLRES SIKKA LAKSANAKAN PATROLI DAN OPERASI PEKAT TURANGGA 2024

Tribratanewssikka.com-maumere. Dalam rangka penindakan penyakit masyarakat dan kejahatan Konvensional, serta Cipta Kondisi menjelang Operasi Mantap Praja Tahun 2024, maka Jajaran Polres Sikka melaksanakan kegiatan Operasi Pekat Turangga 2024, pada Senin tanggal 19 Agustus 2024 Pukul 20.00 wita, bertempat di wilayah hukum Polres Sikka.

Kegiatan Operasi Pekat Turangga 2024 dilaksanakan oleh Tim UKL II dipimpin oleh KBO Samapta Polres Sikka IPTU I MADE SUTAMA selaku (Kasatgas Preventif) sesuai dengan Sprin Kapolres Sikka Nomor : Sprin / 656 / VIII / OPS.1.3. / 2024 Tanggal 12 Agustus 2024, dengan Kuat Personil sebanyak 16 orang. Giat tersebut diawali dengan Apel Persiapan dan Pengecekan Personil serta APP( Arahan dan Perintah Pimpinan ) terkait dengan Cara Bertindak dilapangan selama kegiatan Operasi Pekat berlangsung.  

Lokasi/Rute Kegiatan Patroli dan Operasi Pekat Turangga 2024 adalah Perumahan Warga, Jalan umum, Pasar Alok, instansi pemerintah, Instansi swasta, tempat ibadah, sekolah serta Lokasi lainnya yang dianggap rawan gangguan Kamtibmas. Dalam kesempatan Patroli, Personil Tim UKL II memberikan arahan dan Himbauan kepada warga yang duduk di jalan umum dan sekitar pemukiman warga agar tidak mengkonsumsi minuman beralkohol (Moke) secara berlebihan, sehingga mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dan dampak dari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol bisa mengakibatkan gangguan kesehatan secara fisik dan mental. 

untuk warga pengguna pasar Alok, Tim UKL II menghimabau kepada masyarakat khususnya para pedagang maupun pengguna pasar alok lainnya, agar selalu menjaga sitkamtibmas yang aman dan kondusif disekitar area pasar. Apabila terjadi gangguan kamtibmas agar tidak melakukan tindakan main hakim sendiri, serta melaporkan kejadian tersebut ke Polres Sikka maupun Polsek yang terdekat. 

Bagi para pengendara kendaraan Roda 2 maupun roda 4, Tim UKL II menghimbau agar tertib berlalu lintas, jangan mengemudi dibawah pengaruh minuman alkohol guna, tidak menggunakan knalpot racing, selalu memakai helm serta melengkapi surat-surat kendaraan demi menjaga keselamatan dan kenyamanan berlalu lintas. Himbauan tersebut guna meminimalisir terjadinya kecelakaan, demi terciptanya sitkamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kab. Sikka.  

 

Sementara bagi pemilik Hotel/ penginapan, Tim memberi himbauan agar tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum seperti narkoba dan prostitusi. Bagi Para Pemuda yang nongkrong di pinggir jalan dan sekitar pemukiman warga agar tidak duduk di tempat-tempat sepi dan gelap, serta segera kembali ke rumah masing-masing guna meminimalisir tindakan kriminal yang terjadi seperti (pemalakan/begal, perampokan dll). 

 

Kegiatan Operasi Pekat Turangga 2024, diterima dan direspon baik oleh warga serta menerima arahan dan himbauan petugas dengan baik karena masyarakat menyadari bahwa kegiatan dimaksud dilaksanakan demi terciptanya sitkamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kab. Sikka. *LT16PAG23*