Kapolres Sikka Tinjau Lokasi TPS di Wilayah Pulau Terluar

Kapolres Sikka Tinjau Lokasi TPS di Wilayah Pulau Terluar
Kapolres Sikka Tinjau Lokasi TPS di Wilayah Pulau Terluar

Tribratanewssikka.com, Maumere – Pagi tadi, Jumat (10/11), Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H., S.I.K., M.M., didampingi Wakapolres Kompol Ruliyanto J. P. Pahroen, S.Sos., S.I.K., bersama rombongan bertolak ke Pulau Kojadoi, Kec. Alok, Kab. Sikka menggunakan Kapal Sat. Pol Air BIDADARI XXII – 2002.

Maksud dan tujuan orang nomor satu di Polres Sikka mengunjungi Pulau Kojadoi adalah untuk memantau langsung lokasi-lokasi TPS yang ada di Desa Kojadoi, Desa Koja Gete dan Desa Parumaan, mengingat dalam waktu dekat, pesta demokrasi yakni Pemilu 2024 akan diselenggarakan, sehingga pada saat hari H pelaksaannya dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Tiba di Desa Kojadoi pada, Kapolres bersama rombongan didampingi petugas Panwas wilayah setempat langsung mengsurvey lokasi dari tps satu ke tps lainnya. Dari pantauan Humas Polres Sikka di lokasi, pengecekan dan survey lokasi TPS dilakukan dengan berjalan kaki dan menggunakan kapal.

Kapolres Sikka menyampaikan, bahwa pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui lokasi-lokasi TPS di wilayah Pulau terluar dalam wilkum Polres Sikka.

“Pengecekan ini untuk mengetahui lokasi TPS khususnya di wilayah kepulauan, berapa jarak tempuh ke lokasi TPS tersebut, bagaimana cara menuju ke lokasi TPS tersebut, kita tinjau semua hari ini, untuk mengetahui medan di lapangan, sehingga pada saat pelaksanaan personil yang kita tempatkan sudah tahu harus berbuat apa dan bagaimana SOP Pengamanan yang harus dilakukan,” jelas Kapolres.

“Selain itu, hal ini kita lakukan juga untuk mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrim pada saat puncak pesta demokrasi Pemilu 2024 nantinya. Mengingat, pada hari H tersebut, kita sudah memasuki musim penghujan, sehingga perlu diantisipasi agar kegiatan pada hari H dapat berjalan dengan baik,” tambahnya.

Kapolres juga menambahkan, ini adalah bukti dari komitmen Polri khususnya Polres Sikka dalam mengamankan rangkaian pesta demokrasi Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Sikka. “Polres Sikka akan memberikan pengamanan terbaik nantinya, dan sekarang pun dalam setiap tahapan, setiap harinya ada personil yang melaksanakan patroli, pengamanan lokasi kantor KPU, Bawaslu, gudang logistik, dan juga melakukan himbauan-himbauan baik secara langsung maupun melalui media sosial kepada seluruh masyarakat, untuk bersama-sama mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai dan sejuk serta terbebas dari Hoax dan isu Sara yang dapat memecah belah persatuan bangsa,” pungkasnya.

Usai melakukan survey lokasi TPS, Kapolres bersama rombongan bertolak kembali ke Maumere dengan berlabuh di Pelabuhan Wuring dan kembali ke Mapolres Sikka.