Kasat Lantas Pimpin Apel Pagi dan Kamseltibcarlantas di Wilayah Kabupaten Sikka

Kasat Lantas Pimpin Apel Pagi dan Kamseltibcarlantas di Wilayah Kabupaten Sikka
Kasat Lantas Pimpin Apel Pagi dan Kamseltibcarlantas di Wilayah Kabupaten Sikka

Maumere, Sikka - Pada Selasa, 16 Januari 2024, pukul 06.30 Wita, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Sikka melaksanakan kegiatan Apel Pagi dan Pengaturan Lalu Lintas (Strong Point Pagi) serta Patroli Sepeda Motor dalam rangka meningkatkan Keselamatan dan Ketertiban Berlalu Lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah Kabupaten Sikka. Kegiatan ini dipimpin oleh Kasat Lantas AKP Ratna Yuda Tupong, didampingi oleh KBO Sat Lantas Ipda Chairil Syafar dan Kanit Turjawali Ipda Ngurah Manik.

Waktu kegiatan dimulai pukul 06.30 Wita dan berlangsung hingga selesai, dengan lokasi titik-titik strategis di sekitar Kota Maumere, antara lain Jalan Jenderal Ahmad Yani (Depan Mako Polres Sikka), Jalan Jend. A. Yani (Depan TKK. Panti Rini), Jalan Jend. A. Yani (Depan SMK Negeri 3 Maumere), dan Jalan Kesehatan.

Sasaran kegiatan mencakup anak sekolah, pegawai kantor, pedagang pasar, masyarakat pengguna jalan, dan daerah rawan kecelakaan (Gar) dan kemacetan. Rangkaian kegiatan dimulai dengan pelaksanaan Apel Pagi oleh anggota Sat Lantas pukul 06.15 Wita di Mako Polres Sikka.

Personil Sat Lantas kemudian melakukan Gatur Pagi di titik Strong Point yang telah ditetapkan, membantu menyeberangkan anak sekolah dan pengguna jalan, memberikan edukasi Kamseltibcarlantas kepada masyarakat, serta melaksanakan patroli roda dua untuk memantau dan mengatasi potensi pelanggaran lalu lintas.

Jumlah personil yang terlibat dalam kegiatan ini mencapai 28 orang, terdiri dari 3 perwira dan 25 bintara. Kendaraan yang digunakan meliputi 1 unit Ford 10.04 Lantas, 1 unit Mazda 10.02, 1 unit Rush Regident, dan 3 unit Sepeda Motor N-Max.

Kegiatan berlangsung dengan lancar, dan pada pukul 07.30 Wita, semua kegiatan telah selesai dalam keadaan aman dan tertib. Kasat Lantas AKP Ratna Yuda Tupong menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya konkret dalam menciptakan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas di wilayah Kabupaten Sikka.