PENGAMANAN PENERIMAAN SYARAT DUKUNGAN PERBAIKAN KEDUA BAKAL PASANGAN CALON PERSEORANGAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI SIKKA 2024

PENGAMANAN PENERIMAAN SYARAT DUKUNGAN PERBAIKAN KEDUA BAKAL PASANGAN CALON PERSEORANGAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI SIKKA 2024

Tribratanewssikka.com-Maumere, 17 Juli 2024 – Bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Sikka, Jalan El Tari Dalam, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, telah dilaksanakan kegiatan penerimaan syarat dukungan perbaikan kedua dari bakal pasangan calon perseorangan Paket FLORIDA dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sikka Tahun 2024. Acara ini berlangsung dengan tertib dan aman dimulai pukul 21.40 WITA.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Sikka, Bapak Herimanto, SH., MH., didampingi oleh Kordiv Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Sikka, Bapak La Hajimu, Kordiv Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Sikka, Bapak Yosef Ferdinandus Boy Gapo, serta Plt. Sekretaris KPU Kabupaten Sikka, Bapak Semuel Desryanto Sing, ST.

Hadir dalam kegiatan tersebut Korsek Bawaslu Kabupaten Sikka, Bapak Yustinus D.M. Badar, S.IP, Kasubag Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Sikka, Bapak Simon Doni Tukan, SP, Operator SILONKADA KPU Kabupaten Sikka, Ibu Cornelia Wihelmina J. Pati, dan tim Paket FLORIDA sebanyak 9 orang.

Berikut rangkaian kegiatan yang berlangsung:Pukul 21.34 WITA - Tim Paket FLORIDA tiba di Kantor KPU Kabupaten Sikka dan melakukan registrasi. Pukul 21.57 WITA - Dilaksanakan penyerahan dokumen syarat dukungan perbaikan kedua oleh Tim Paket FLORIDA kepada KPU Kabupaten Sikka.

 

Pukul 21.58 WITA - KPU Kabupaten Sikka melakukan pemeriksaan dokumen syarat dukungan perbaikan kedua melalui Aplikasi SILONKADA, diawasi langsung oleh Korsek Bawaslu Kabupaten Sikka.

 

Pukul 22.46 WITA - Penyerahan Berita Acara Nomor: 222/PL.02.2-BA/5307/2024 tentang penerimaan persyaratan dukungan perbaikan kedua oleh KPU Kabupaten Sikka kepada Tim FLORIDA. 

 

Hasil pemeriksaan menyatakan bahwa dokumen memenuhi syarat dengan jumlah dukungan sebanyak 6.377. Pukul 22.50 WITA - Penyerahan Berita Acara dan tanda terima dari KPU Kabupaten Sikka kepada Tim FLORIDA, dilanjutkan dengan foto bersama.

 

Pasangan calon yang sebelumnya bernama Paket FLORY-KEN telah resmi mengganti nama menjadi Paket FLORIDA (Drs. Mekeng P. Florianus dan Alfridus Melanus Aeng, SH) karena bakal calon Wakil Bupati sebelumnya, Bapak Kasianus Nong Kensi, mengundurkan diri pada tanggal 11 Juli 2024.

 

Pada tanggal 10 Juli 2024, KPU Kabupaten Sikka menetapkan jumlah hasil dukungan verifikasi faktual pertama Paket FLORIDA sebanyak 22.790, kurang dari dukungan minimal 24.423. Oleh karena itu, pada hari ini Paket FLORIDA menyerahkan dokumen perbaikan kedua sebanyak 6.377 dukungan.

 

Jadwal tahapan selanjutnya: Vermin Perbaikan Kedua: 18-28 Juli 2024. Rekapitulasi Hasil Vermin Perbaikan Kedua: 26-28 Juli 2024. Verifikasi Faktual Perbaikan Kedua: 31 Juli-10 Agustus 2024.

 

Rekapitulasi Hasil Verfak Perbaikan Kedua Tingkat Kecamatan: 11-14 Agustus 2024. Rekapitulasi Hasil Verfak Perbaikan Kedua Tingkat Kabupaten: 12-18 Agustus 2024.

 

Kegiatan ini berakhir pada pukul 23.20 WITA dalam keadaan aman dan tertib, dengan pengamanan dari anggota Polres Sikka yang tersprin dalam Sprin Kapolres Sikka Nomor: Sprin/567/VII/OPS.1.1./2024, dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sikka AKP I Wayan Oka Deswanta, SE dan anggota Sat Brimob Yon B Pelopor Maumere dipimpin oleh Wadan Yon B Pelopor Maumere AKP Agustinus Silvester