Polres Sikka Laksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala

Polres Sikka Laksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala
Polres Sikka Laksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala

Tribratanewssikka.com, Maumere – Enam bulan sekali, Kepolisian Resor Sikka melakukan tes kesamaptaan jasmani guna mengetahui kemampuan fisik anggota Polri dan termasuk anggota ASN di lingkungan Polres Sikka.

Kegiatan ini gelar oleh Bagian SDM Polres Sikka bertempat di halaman Mapolres Sikka dan diikuti oleh seluruh personil Polres baik dari jenjang perwira dan bintara, serta personil Polsek jajaran, Rabu (1/3).

Sebelum melaksanakan tes tersebut, personil Polres Sikka wajib melakukan pengecekan kesehatan yang dilakukan tim Sie Doktes Polres Sikka untuk memastikan kondisi kesehatan para personil.

Wakapolres Sikka Kompol Ruliyanto J. P. Pahroen, S.Sos., S.I.K., yang memantau langsung pelaksanaan tes tersebut menyampaikan kepada seluruh personil agar mengikuti kegiatan tes ini dengan bersungguh-sungguh dan serius.

“Tes kesamaptaan jasmani ini meliputi lari 12 menit, Push Up, Shit Up, Phull Up dan Lari Shuttle Run. Saya berharap kepada seluruh personel, agar mengikuti kegiatan ini dengan bersungguh-sungguh dan serius. Bagi yang mempunyai riwayat sakit jangan dipaksakan,” ujar Wakapolres.

Wakapolres menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan secara berkala ini bertujuan untuk mengukur kemampuan fisik para personel serta bertujuan memelihara kesehatan agar selalu siap menjalankan tugas Kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Selain aspek mental dan akademis, tes kesamaptaan jasmani ini juga dinilai dari aspek jasmani dan karena itu diadakan setiap enam bulan sekali sebagai bagian dari program Polri untuk menjaga kesiapan stamina serta kesiapan personel Polri dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Kepolisian.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani ini dapat menjaga kebugaran jasmani personel agar tetap prima sehingga dapat mengemban tugas Kepolisian dengan maksimal,” tutup Wakapolres.

Untuk diketahui, tes kesamapataan jasmani akan dilaksanakan selama 3 hari, yakni hari Rabu (1/3/2023) – Jumat (3/3/2023).

(k21)