Problem Solving, Bhabinkamtibmas Polsek Alok Mediasi Masalah Perselisihan Antar Warga

Problem Solving, Bhabinkamtibmas Polsek Alok Mediasi Masalah Perselisihan Antar Warga

Tribratanewssikka.com, Maumere - Bhabinkamtibmas merupakan personil kepolisian yang paling dekat dengan masyarakat. Merekalah yang menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, menyampaikan program kepolisian, menyelesaikan masalah warga binaannya (Problem Solving) dan kegiatan lainnya yang berbaur dengan masyarakat.

 

Menindaklanjuti hal tersebut Bhabikamtibmas Polsek Alok Bripka Ridwan menyelesaikan masalah (problem solving) masalah pertengkaran/perselisihan antar warga di wilayah binaannya terkait ada warga MG yang tidak terima karna warga lain AK membuang air limbah rumah tangga di sumur resapan yang merupakan program pemerintah Kelurahan Nangameting.

 

Dalam menyelesaikan masalah tersebut, 

memanggil kedua pihak untuk menyelesaikan masalah dengan cara musyawarah. Hadir juga Babinsa Kel. Nangameting Kopda Mafdan, Kasitrantib Kel. Nangameting, Ketua RT dan juga kedua belah pihak yang berselisih.

 

Kedua belah pihak bersepakat untuk berdamai, dan warga MG akan membuat pagar di lahannya agar air limbah dari warga AK tidak mengalir ke sumur resapan lagi.

 

Selain itu Bripka Ridwan juga menyampaikan pesan kamtibmas antara lain meminta warga agar dapat bekerja sama dalam menjaga kamtibmas diwilayah Kel. Nangameting serta menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah terjadinya DBD.

 

Secara terpisah, Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K., melalui Kasihumas AKP Margono, S.E., mengungkapkan bahwa sebagai anggota Bhabinkantibmas, selain tugas sambang rutin juga dituntut memiliki kemampuan untuk mendeteksi dini ganguan kamtibmas wilayahnya.

 

Disamping itu juga harus memiliki kemampuan menyelesaikan permasalahan setiap kejadian yang ada di wilayah binaannya. “Tentunya hasil kesepakatam ini dapat diterima oleh kedua belah pihak yang bermasalah tanpa melalui peradilan sebagai wujud memberikan pengayoman dan rasa keadilan. Dengan demikian dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Polri,” Ungkap Kasihumas.