Aksi Mimbar Bebas HMI Cabang Persiapan Maumere, Polres Sikka Lakukan Pengamanan

Aksi Mimbar Bebas HMI Cabang Persiapan Maumere, Polres Sikka Lakukan Pengamanan

Tribratanewssikka.com, Maumere - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Maumere menggelar aksi mimbar bebas di Kabupaten Sikka untuk memperingati Hari Anti Korupsi dan Hak Asasi Manusia (HAM), Minggu (10/12). Dengan tema Tuntaskan Kasus HAM dan Korupsi, Menagih Janji Reformasi , kegiatan ini diikuti oleh 22 orang massa aksi yang dipimpin oleh Andi Ashar, Ketua Umum HMI Cabang Persiapan Maumere.

Rangkaian aksi dimulai pukul 16.00 Wita di Sekretariat HMI Cabang Persiapan Maumere, dilanjutkan dengan long march ke Patung Selamat datang, Jl.Jend.Sudirman. Aksi tersebut meliputi orasi, pembacaan Sumpah Mahasiswa, dan aksi protes berupa pembakaran larangan sebagai simbol perlawanan terhadap kasus HAM dan Korupsi di Kabupaten Sikka.

Daftar perwakilan massa aksi meliputi Andi Ashar sebagai Korlap, serta orator Rajna, Adam, dan Andi Ashar. Peserta aksi terdiri dari calon anggota dan anggota aktif HMI Cabang Persiapan Maumere sebanyak 22 orang. Perlengkapan aksi meliputi satu unit megafon, satu bendera sebagai atribut organisasi, dan dua spanduk dengan pesan tuntutan terkait kasus HAM dan Korupsi di wilayah Kab. Sikka.

Aksi massa menyampaikan pesan terkait pencegahan kasus TPPO, penuntasan pelanggaran HAM, serta tindakan hukum terhadap pelaku HAM dan korupsi. Mereka juga menekankan perlunya pengawalan ekstra terhadap kasus-kasus korupsi yang merugikan masyarakat Sikka.

Aksi mimbar bebas ini sekaligus dijadikan kesempatan untuk melatih calon kader baru HMI Cabang Persiapan Maumere dalam berorasi dan menyampaikan pendapat di muka umum. Untuk menjamin keamanan dan kelancaran kegiatan, Polres Sikka memberikan pengamanan sesuai dengan Surat Perintah (Sprin) Kapolres Sikka Nomor: Sprin/853/XII/PAM 3.3.2./2023, yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sikka AKP Syafrudin bersama sejumlah petugas lainnya.

Mimbar bebas HMI Cabang Persiapan Maumere berjalan dengan aman dan lancar, tanpa pesan provokatif atau tuntutan isu yang dapat mengganggu pekerjaan. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat solidaritas dan semangat nasionalisme calon kader HMI Cabang Persiapan Maumere.