ANGGOTA POSPOL KP3 LAUT POLSEK ALOK DAN INSTANSI SAMPING MELAKSANAKAN PENGAMANAN KEDATANGAN KAPAL ASING NATIONAL GEOGRAPHIC ORION DI PELABUHAN L. SAY MAUMERE

ANGGOTA POSPOL KP3 LAUT POLSEK ALOK DAN INSTANSI SAMPING MELAKSANAKAN PENGAMANAN KEDATANGAN KAPAL ASING NATIONAL GEOGRAPHIC ORION DI PELABUHAN L. SAY MAUMERE

Tribratanewssikka~Maumere. Pos KP3 Laut Polsek Alok Polres Sikka menunjukkan komitmennya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya dengan menggelar pengamanan kedatangan Kapal Asing "NATIONAL GEOGRAPHIC ORION" di Pelabuhan Lorentius Say Maumere Jalan  Pelabuhan No.9, Kelurahan Kota Uneng, Kec. Alok, Kab. Sikka. Selasa (2/7/2024) pukul 07.00 Wita.

Kedatangan Kapal NATIONAL GEOGRAPHIC ORION disambut oleh Perwakilan dari Syahbandar Maumere  an. Miki soru, S.R, Ka Ops PT. Pelni Maumere An. D. A. Gerfasius N.,S.H, dan JM Pelindo Maumere An. Erry Ardianto, S.T,  Petugas Imigrasi Kelas II TPI Maumere An. Arter Meyvan Roring, Petugas Protokol Kesehatan, Petugas PT. Pelni Maumere, Petugas Pelindo Maumere, serta Personil Kp3 Laut dan Personil TNI AL Maumere.

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain:
1.Pukul 07.15 wita, telah sandar Kapal Asing NATIONAL GEOGRAPHIC ORION di Pelabuhan L. Say Maumere, yang dinahkodai oleh Kapten OLEKSANDER DUDOV kebangsaan Rusia, dengan rute pelayaran dari lembata menuju Maumere.

2. Pukul 07.50 wita, Dilaksanakan pemeriksaan Identitas, Dokumen Keimigrasian para wisatawan dan Crew Kapal Asing NATIONAL GEOGRAPHIC ORION oleh Petugas Imigrasi Kelas II TPI Maumere, didampingi Petugas PT. Pelni Maumere.

3. Pukul 08.30 wita, Rombongan Wisatawan Mancanegara yang turun dari Kapal Asing NATIONAL GEOGRAPHIC ORION sebanyak 80 Penumpang Wisatawan, dan langsung menuju kendaraan yang telah disiapkan oleh panitia, sedangkan Crew Kapal sebanyak 120 orang tetap berada di Kapal.

4. Pukul 09.25 wita, Rombongan Wisatawan Mancanegara bersama Panitia menuju ke Sanggar Budaya Liangngawok, Desa aibura, Kec. Waigete, Kab. Sikka sebanyak 80 Wisatawan,  dengan menggunakan Kendaraan Bus sebanyak 8 Unit dan dikawal langsung oleh Sat Lantas Polres Sikka.

Tujuan kegiatan budaya wisatawan dan rangkaian kegiatan ke Kab. Sikka, tepatnya di Sanggar Budaya Liangngawok, Desa aibura, Kec. Waigete, Kab. Sikka :
- Penyambutan secara adat bagi tamu adat/kampung
- Tarian-tarian dan pertunjukkan keseninan lain (nyanyian, Musik tradisional)
- Kerajinan masyarakat serta souvenir, juga dapat ditawarkan untuk dijual pada wisatawan saat kunjungan tersebut.
Kegiatan budaya wisatawan di wilayah Kab. Sikka berlangsung hanya sehari dan diperkirakan pada pukul 13.00 wita, rombongan wisatawan kembali ke Pelabuhan L. Say Maumere dan melanjutkan perjalanan menuju NTB ( Bima) .
Kuat personil yang melaksanakan pengamanan, Kapospol KP3 Laut Polsek Alok Aiptu Petrus N Bia Harving bersama 6 anggotanya: Aipda Jumaidin Ahri, Bripka Hijir Ismail Ham Sumar,  Bripka Hasani Husein, Brigpol Crisye Renggi, Brigpol Arnold B Luadssos, S.H dan  Briptu Ronaldo Rodriques.
Juga ada pengamanan dari: Lanal Maumere 06 orang , Polairud  4 orang, KSOP  03 orang, KKP Maumere  05 orang, PT. Pelni Maumere 10 orang,Imigrasi  5 orang dan Bea cukai  4 orang
Selama kegiatan berlangsung situasi aman terkendali.