Kapal National Geographic Orion Sambangi Pelabuhan L. Say Maumere, Disambut Antusias

Kapal National Geographic Orion Sambangi Pelabuhan L. Say Maumere, Disambut Antusias

Tribratanewssikka.com-Maumere, Selasa 2 Juli 2024 – Kapal asing National Geographic Orion hari ini sandar di Pelabuhan L. Say Maumere, Jl. Pelabuhan No.9, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka. Kedatangan kapal ini menjadi perhatian besar dengan berbagai pihak yang menyambutnya sejak pukul 07.00 WITA.

Kapal yang dinahkodai oleh Kapten Oleksander Dudov asal Rusia ini tiba dari Lembata. Tepat pukul 07.15 WITA, kapal tersebut merapat di pelabuhan dan langsung mendapatkan sambutan dari Kepala Syahbandar Maumere, Miki Soru, S.R., Kepala Operasional PT. Pelni Maumere, D. A. Gerfasius N., S.H., JM Pelindo Maumere, Erry Ardianto, petugas Imigrasi Kelas II TPI Maumere, Arter Meyvan Roring, serta petugas protokol kesehatan, personel Kp3 Laut, dan personel TNI AL Maumere.

Setelah kapal merapat, pada pukul 07.50 WITA, petugas Imigrasi Kelas II TPI Maumere bersama dengan petugas PT. Pelni Maumere melakukan pemeriksaan identitas dan dokumen keimigrasian para wisatawan dan kru kapal. 

Sebanyak 80 penumpang wisatawan mancanegara kemudian turun dari kapal pada pukul 08.30 WITA dan langsung menuju kendaraan yang telah disiapkan oleh panitia. Sementara itu, 120 kru kapal tetap berada di kapal.

 

Rombongan wisatawan tersebut kemudian berangkat menuju Sanggar Budaya Liangngawok di Desa Aibura, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, menggunakan delapan unit bus yang dikawal oleh Sat Lantas Polres Sikka. 

 

Di sana, para wisatawan disambut dengan upacara adat, berbagai tarian dan pertunjukan kesenian tradisional, serta pameran kerajinan masyarakat yang juga dijual sebagai souvenir.

 

Kegiatan budaya ini berlangsung hanya sehari, dengan rombongan wisatawan diperkirakan kembali ke Pelabuhan L. Say Maumere pada pukul 13.00 WITA untuk melanjutkan perjalanan menuju NTB (Bima).

 

Pengamanan kedatangan dan kegiatan wisatawan ini melibatkan sejumlah personil dari berbagai instansi, termasuk Pospol Kp3 Laut yang dipimpin oleh Aiptu P. N. B Harving bersama enam anggota lainnya, Lanal Maumere dengan enam personil, Polairud dengan empat personil, KSOP dengan tiga personil, KKP Maumere dengan lima personil, PT. Pelni Maumere dengan sepuluh personil, Imigrasi dengan lima personil, dan Bea Cukai dengan empat personil.

 

Kedatangan kapal National Geographic Orion diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pariwisata dan perekonomian di Kabupaten Sikka.