Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2023 Polres Sikka

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2023 Polres Sikka
Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2023 Polres Sikka

Tribratanewssikka.com, Maumere – Wakapolres Sikka Kompol Ruliyanto J. P. Pahroen, S.Sos., S.I.K., memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2023 dengan tema Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa, Senin (10/7) pagi.

Polri telah menetapkan pelaksanaan Operasi Patuh 2023 secara serentak di seluruh Indonesia yang akan dimulai pada tanggal 10 Juli 2023 sampai dengan 23 Juli 2023 selama 14 (empat belas) hari. Adapun target operasi adalah orang, lokasi, barang atau benda, dan kegiatan secara tematik sesuai dengan karakteristik di wilayah masing-masing.

Wakapolres Sikka kepada Humas Polres Sikka menjelaskan, “Cara bertindak Operasi Patuh Turangga 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya dimana pada Operasi tahun ini kita mengedapankan kegiatan edukatif dan persuasive serta humanis dan didukung penegakkan hukum secara elektronik atau teguran dengan melaksanakan hukum terhadap tujuh prioritas pelanggaran”.

Untuk diketahui, sasaran Operasi Patuh Turangga 2023 antara lain :

  • Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel pada saat berkendara
  • Pengemudi atau pengendara ranmor yang masih di bawah umur
  • Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang
  • Pengemudi atau pengendara ranmor yang tidak menggunakan Helm SNI atau Safety Belt
  • Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh alcohol
  • Pengendara yang melawan arus
  • Pengendara yang melebihi batas kecepatan

“Dengan dilaksanakan Operasi Patuh Turangga 2023 ini diharapkan kepatuhan dan disiplin dalam berlalu lintas akan meningkat serta turunnya angka pelanggaran maupun fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,” tutup Wakapolres.