Babinkamtibmas Desa Reruwairere Bersama Dinas Kesehatan dan Linmas Gelar Kegiatan Vaksinasi dan Himbauan Kamtibmas

Babinkamtibmas Desa Reruwairere Bersama Dinas Kesehatan dan Linmas Gelar Kegiatan Vaksinasi dan Himbauan Kamtibmas

Tribratanewssikka.com ~ Maumere • Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka - Aipda I Gusti Agung Sucana, SH., Babinkamtibmas Desa Reruwairere, bersama dengan Dinas Kesehatan dan Linmas setempat, menggelar kegiatan vaksinasi dan eliminasi terhadap Hewan Peliharaan Rabies (HPR) sebagai bagian dari upaya menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat, serta mengimbau masyarakat untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif.

 

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor desa pada hari Rabu (24/04/24) Babinkamtibmas bersama petugas dari Dinas Kesehatan setempat memberikan vaksinasi kepada hewan peliharaan yang ada di wilayah tersebut. Tak hanya itu, Babinkamtibmas juga memberikan himbauan kepada pemilik hewan peliharaan, terutama anjing, agar mengikat hewan peliharaan mereka untuk mencegah insiden gigitan yang berpotensi membahayakan warga.

"Saat ini persediaan vaksin rabies sangat terbatas, oleh karena itu, penting bagi warga yang memiliki hewan peliharaan yang berpotensi menularkan rabies untuk segera mengikat atau dikandangkan hewan peliharaan mereka," ungkap Aipda I Gusti Agung Sucana, SH.

 

Selain itu, Babinkamtibmas juga melakukan pendekatan langsung dengan masyarakat untuk mengajak mereka berperan aktif dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif. Masyarakat diberikan pemahaman tentang pentingnya keamanan dan ketertiban masyarakat serta diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam, seperti banjir, longsor, dan pohon tumbang, terutama di musim hujan yang curah hujannya masih tinggi.

 

"Masyarakat kami ajak untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam yang dapat terjadi di musim hujan ini. Kami siap memberikan bantuan dan koordinasi dalam penanganan bencana apabila diperlukan," tambah Aipda I Gusti Agung Sucana, SH.

 

Respon dari masyarakat terhadap kegiatan vaksinasi dan himbauan Kamtibmas yang dilakukan oleh Babinkamtibmas, Dinas Kesehatan, dan Linmas sangat positif. Masyarakat menyambut baik himbauan dan siap bekerja sama dalam menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif di wilayah mereka.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membangun kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan, kesehatan, dan ketertiban di lingkungan mereka.