Bhabinkamtibmas Polsek Waigete Sosialisasikan Pencegahan PMK Ke Masyarakat

Bhabinkamtibmas Polsek Waigete Sosialisasikan Pencegahan PMK Ke Masyarakat

Tribratanewssikka.com, Maumere – Bhabinkamtibmas Posek Waigete, jajaran Polres Sikka, Bripka Adi Leo memberikan sosialisasi upaya pencegahan dan penanganan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang sedang menjadi trend saat ini kepada masyarakat di wilayah binaannya, Rabu (27/7).

Bripka Adi menerangkan, upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK dengan meningkatkan kesehatan dengan pemberian vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan disinfektan di sekitar kandang agar tetap dalam keadaan bersih.

“Kami meminta warga agar tidak perlu panik, karena penyakit PMK ini tidak menular kepada manusia. Dan untuk wilayah Kabupaten Sikka belum ada ditemukannya PMK, namun kita harus tetap waspada, dan kita tidak usah takut untuk mengkonsumsi daging sapi maupun kamping dan daging hewan lainnya,” jelasnya.

Apabila ada hewan ternak sakit, agar segera menghubungi dokter hewan terdekat, sehingga mendapat pengobatan dengan baik.

Dari hasil pemantauan di sejumlah rumah warga yang memiliki ternah tidak ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku.

“Namun demikian kami sampaikan imbauan kewaspadaan akan potensi penyakit tersebut menyerang ternak sapi maupun kambing di wilayah Kecamatan Waigete agar masyarakat selalu mengontrol ternakannya,” tutupnya. (k21)