Kapolda NTT Dan Danrem 161/WS Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Kunjungan Presiden RI Di Kab. Sikka

Kapolda NTT Dan Danrem 161/WS Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Kunjungan Presiden RI Di Kab. Sikka
Kapolda NTT Dan Danrem 161/WS Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Kunjungan Presiden RI Di Kab. Sikka
Kapolda NTT Dan Danrem 161/WS Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Kunjungan Presiden RI Di Kab. Sikka

Tribratanewssikka.com, Maumere – Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., bersama Komandan Korem 161/WS Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, bersama-sama memimpin apel gelar pasukan dalam rangka persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Kab. Sikka, bertempat di Lapangan Kantor Bupati Sikka, Jl. El Tari, Kel. Kota Uneng, Kec. Alok, Kab. Sikka, Minggu (14/2/2021) pukul 09.30 wita.

Apel gelar tersebut dihadiri oleh Karoops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H., Dandim 1603 Sikka Letkol Inf. M. Zulnalendra Utama, S.IP, Kapolres Sikka AKBP Sajimin, S.I.K., M.H., Dandim 1602 Ende Letkol Inf. Nelson Paido Marpaung, S.IP, Dandim 1624 Flotim Letkol Czi Imanda Setiyawan, S.T., M.IP, Wadanyon B Pelopor Maumere AKP Dewa Made Suarsana, Wakapolres Sikka Kompol I Putu Surawan, serta para perwira gabungan TNI-Polri.

Adapun peserta apel terdiri dari personil Kodim 1603 Sikka, Lanal Maumere, Polres Sikka dan Polsek Jajaran, Brimob Batalyon B Pelopor Maumere, Sat Polairud Polda NTT, dan Sat Pol PP dan Damkar Kab. Sikka. Apel di awali dengan pemeriksaan pasukan dan kendaraan oleh Kapolda NTT bersama Danrem 161/WS.

Dalam amanatnya, Kapolda NTT menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran seluruh pasukan dalam apel persiapan pengamanan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia, yang diperkirakan pelibatan kekuatannya nanti kurang lebih hampir 1400 personil TNI dan 900 lebih dari Polri.

“Kegiatan pengamanan kunjungan Presiden RI atau pengamanan VVIP Presiden Republik Indonesia ini,  telah disusun dalam operasi Waskita di mana dipimpin oleh Pangdam dan saya selaku wakil dan Pak Danrem. Saya mengingatkan, bahwa kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang juga sering kita lakukan tapi kita tidak boleh Underestimate. Kita tidak boleh mengabaikan perkembangan situasi dan kondisi di lapangan, kita tetap laksanakan sesuai dengan SOP dan protap yang berlaku,” jelas Kapolda NTT dalam amanatnya.

Situasi saat ini dalam keadaan hujan dan cuaca kurang mendukung, ini salah satu tantangan kita. Di dalam pengecekan, saya menekankan tentang penggunaan perlengkapan-perlengkapan pendukung, untuk mengantisipasi cuaca seperti demikian dan juga rute yang akan ditempuh cukup jauh, memerlukan waktu dan kondisi geografis yang memerlukan atensi kita bersama.

“Untuk itu, ikuti semua petunjuk arahan yang akan disampaikan oleh para perwira pengendali. Perwira yang melaksanakan tugas di masing-masing sektor”.

Dalam pelaksanaan pengamanan kita kedepankan cara-cara humanis, tapi kita tetap akan melakukan tindakan tegas bila ada upaya-upaya untuk mengganggu dalam rangkaian kegiatan ini.

Kapolda mengajak seluruh personil untuk melaksanakan tugas dengan penuh kesungguhan, penuh rasa tanggung jawab sebagai tuan rumah yang baik. Dan kepada masyarakat untuk bisa menyambut bapak Presiden dengan keramahtamahan daerah Sikka khususnya, Nusa Tenggara Timur umumnya.

“Selamat bertugas dan mudah-mudahan kita selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa, jaga kesehatan dan tetap laksanakan protokol kesehatan. Jangan sampai nanti pengamanan tugas ada yang tidak menggunakan masker dan sebagainya, karena ini akan juga menjadi salah satu pengamatan di lapangan.” Ungkap Kapolda mengakhiri amanatnya.

Seusai pelaksanaan apel gelar pasukan, Kapolda NTT bersama Danrem 161/WS dan rombongan menuju ke lokasi Bendungan Napun Gete untuk meninjau lokasi yang akan dikunjungi oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo. (k21)