Kapolres Sikka Pimpin Apel Gelar Operasi Keselamatan Ranakah 2021

Kapolres Sikka Pimpin Apel Gelar Operasi Keselamatan Ranakah 2021
Penyematan Pita Operasi Oleh Kapolres Sikka AKBP Sajimin, S.I.K., M.H.

Tribratanewssikka.com, Maumere – Kepala Kepolisian Resor Sikka AKBP Sajimin, S.I.K., M.H., pimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Ranakah – 2021 di Lapangan Apel Polres Sikka, Senin (12/4/2021) pukul 07.45 Wita.

Apel Gelar dihadiri oleh PJU Polres Sikka, Kapolsek jajaran Polres Sikka, seluruh personil Polres Sikka serta instansi terkait yakni Dinas Perhubungan Kab. Sikka dan Sat Pol PP Kab. Sikka.

“Permasalah di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Perkembangan transportasi juga telah memasuki era digitas dimana operasi order angkutan Publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone. Moderninasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari moderninasi transportasi tersebut. Polisi Lalu Lintas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut PRESISI,” ungkap Kapolres saat membacakan amanat Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tengga Timur Irjen Pol. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

“Dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelas Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19, Polri melaksanakan Operasi Kepolisian di tingkat Polda dan Polres dengan sandi Operasi Keselamatan Ranakah 2021, yang dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 12 sampai dengan 15 April 2021, secara serentak di seluruh Indonesia,” jelasnya.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, kepada seluruh jajaran, perlu saya tekankan kembali, selama pelaksanaan operasi agar :

  1. Melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi penyebaran virus covid-19;
  2. Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang kamseltibcarlantas dan bahaya covid-19 berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan, melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, media elektronik, dan media sosial;
  3. Hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra Polri;
  4. Lakukan Operasi Keselamatan ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat;
  5. Kita wujudkan kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan, serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021;
  6. Selalu memanjatkan doa agar Operasi Keselamatan Tahun 2021 yang dilaksanakan dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat.”

 

(k21)