16 Parpol Peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Sikka tanda tangani Deklarasi Pemilu Damai

16 Parpol Peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Sikka tanda tangani Deklarasi Pemilu Damai
16 Parpol Peserta Pemilu 2024 di Kabupaten Sikka tanda tangani Deklarasi Pemilu Damai

Tribratanewssikka.com, Maumere - Sebanyak 16 (enam belas) partai politik peserta pemilu 2024 Kabupaten Sikka menandatangani Deklarasi Pemilu Damai bertempat di halaman Kantor Bupati Sikka usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Turangga, Selasa (17/10) pagi.

Keenam belas partai politik tersebut adalah PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Partai Buruh, Gelora, PKS, Hanura, PKN, PAN, Partai Garuda, PBB, Demokrat, PSI,Perindo.

Penandatanganan deklarasi pemilu  damai ini diinisiasi Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H., S.I.K., M.M., yang bertujuan menciptakan komitmen para penyelenggara pemilu bersama pemerintah dan TNI-Polri guna bersama-sama menciptakan pemilu yang aman, tertib dan berintegritas diwilayah Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang dilaksanakan disela-sela Apel gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024 dan Simulasi Sispamkota yang digelar Polres Sikka.

Adapun isi deklarasi tersebut mencakup lima point penting yang terdiri dari;

1. Menjaga keamanan dan ketertiban yang kondusif, terhadap rangkaian tahapan Pemilu 2024 mulai dari tahapan pendaftaran, pelaksanaan kampanye, penetapan hasil penghitungan suara, sampai dengan tahapan pelantikan.

2. Bertanggung jawab terhadap pengendalian massa pendukung, agar tidak melalukan perbuatan/tindakan anarkis yang melanggar peraturan dan hukum yang berlaku ataupun di dalam peraturan Pemilu 2024.

3. Siap kalah dan siap menang dengan lapang dada,  serta menerima keputusan KPU atas hasil Pemilu tahun 2024 secara demokratis dan sportif yang dilaksanakan sesuai asas pemilihan umum serta akan mendukung setiap calon yang terpilih.

4. Menjaga kerukunan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan, dalam membangun Kabupaten Sikka yang aman, tertib, dan damai dalam wadah NKRI.

5. Apabila dikemudian hari melanggar kesepakatan Ikrar Damai ini, kami bersedia diambil tindakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan ketentuan hukum yang berlaku.

Kapolres AKBP Hardi dalam sambutannya sesaat sebelum penandatangan deklarasi meminta semua pihak untuk bersama-sama mendukung upaya keamanan yang digalakan Polres Sikka demi lancarnya proses pemilu 14 Pebruari 2024 nanti.

" Kami memohon dukungan dari bapa mama para penyelenggara pemilu 2024 agar bersama-sama Polres Sikka menjadikan Pemilu 2024 menjadi pemilu yang aman, tertib, damai, dan berintegritas, " terangnya.

Senada dengan Kapolres, PJ Bupati Sikka Adrianus Firminus Parera meminta agar semua penyelenggara pemilu dapat melaksanakan kerjanya sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku.

" Keamanan pemilu akan terjadi  apabila penyelenggara pemilu bekerja baik, untuk itu, kami menghimbau agar KPU, Bawaslu dan semua pihak untuk saling menjaga situasi dan kondisi kamtibmas dengan baik di Kabupaten Sikka,” paparnya.

Usai ditandatangani oleh parpol peserta pemilu 2024, deklarasi tersebut secara bergantian ditandatangani oleh PJ Bupati Sikka, Kapolres Sikka, Dandim 1603 Sikka, Kejari Kab. Sikka, Ketua Pengadilan Negeri Maumere, Ketua KPUD Kab. Sikka , dan Ketua Bawaslu Kabupaten Sikka.