Kebakaran Di Kawasan Hutan Lindung Egon, Desa Hoder, Kapolres Sikka Turun Langsung Padamkan Api Dengan Alat Seadanya

Kebakaran Di Kawasan Hutan Lindung Egon, Desa Hoder, Kapolres Sikka Turun Langsung Padamkan Api Dengan Alat Seadanya
Kapolres Sikka Bersama Warga Sedang Memadamkan Api Dengan Menggunakan Peralatan Seadanya
Kebakaran Di Kawasan Hutan Lindung Egon, Desa Hoder, Kapolres Sikka Turun Langsung Padamkan Api Dengan Alat Seadanya

Tribratanewssikka.com, Maumere – Kapolres Sikka AKBP Sajimin, S.I.K, M.H turun langsung memadamkan api dalam kebakaran rumput/ilalang di kawasan Hutan Lindung Egon Ilimedo, Desa Hoder, Kec. Waigete, Kab. Sikka, Selasa (14/7/2020) pukul 12.00 wita.

Kebakaran di kawasan hutan yang diperkirakan seluas 90-100 Ha tersebut diketahui sekitar 11.30 wita melalui aplikasi lapan dan informasi masyarakat, dan selanjutnya dilakukukan pengecekan oleh anggota Polres Sikka, Polsek Waigete dan UPT Kehutanan Kab. Sikka.

Kegiatan pemadaman tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sikka, Danlanal Maumere Kolonel Marinir Totok Nurcahyanto, Dandim 1603 Sikka Letkol Inf. M. Zulnalendra Utama, S.Ip dengan melibatkan personil TNI-Polri, angota UPT Kehutanan Kab. Sikka dan perangkat Desa Hoder bersama-sama dengan masyarakat yang berada di sekitar lokasi kebakaran.

Berbekal alat seadanya seperti batang pohon, daun-daun, kain basah dan pembuatan sekat api sebagai penghalang meluasnya kobaran api. Hal ini dikarenakan mobil pemadam kebakaran dan watercanon tidak dapat menjangkau lokasi, namun api berhasil dipadamkan pada pukul 17. 30 wita.

(Kapolres Sikka Berusaha Memadamkan Api Dengan Alat Seadanya)

Kapolres mengungkapkan, usai pemadaman, dilakukan olah TKP bersama UPT Kehutanan Kab. Sikka untuk mengetahui luas kebakaran sebenarnya dan mencari asal titik api.

“Kami juga menempatkan 20 personil gabungan polres, polsek, bersama 3 personil kodim dan 3 pegawai kehutanan untuk melakukan patroli, mengimbau dan mengedukasi masyarakat untuk tidak membakar lahan serta patroli ke lokasi kebakaran untuk memastikan api sudah padam dan tidak timbul lagi” jelas Kapolres.

Ia menambahkan, anggotanya juga akan turun untuk meminta keterangan masyarakat yang mempunyai pondok atau lahan di sekitar lokasi terjadinya kebakaran.

“Sat Reskrim Polres akan turun dan memintai keterangan kepada warga setempat, selain itu kami juga akan bekerja sama dengan UPT Kehutanan Kab. Sikka untuk mengungkap kejadian kebakaran hutan ini,” imbuhnya. (k21)