Kepolisian Resort Sikka,Polda NTT menggencarkan Operasi Sistem Pendinginan atau “Cooling System”

Tribratanewssikka.com-maumere,

Untuk mewujudkan Pemilukada Sikka 2024 yang aman dan kondusif, maka Kepolisian Resor Sikka menggencarkan Kegiatan Sistem Pendinginan (Cooling System) di Wilayah Kab.Sikka.

Kegiatan ini melakukan aksi baik secara langsung di lapangan maupun di ruang-ruang digital. Lebih jelasnya, kegiatan  cooling system mengutamakan dua tindakan, yakni pre-emptif dan preventif. 

Tindakan pre-emptif merupakan tindakan dari kepolisian yang mengedepankan pendekatan secara langsung kepada masyarakat seperti imbauan dan sosialisasi, sedangkan tindakan Preventif adalah tindakan pencegahan misalnya kegiatan Patroli, sambang,penjagaan, pengawalan dan tindakan lain kepolisian untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dan pelanggaran Hukum.

Berkaitan dengan Program Cooling System tersebut di atas maka Kepala Kepolisian Resor Sikka AKBP HARDI DINATA H.,S.I.K,M.M. memerintahkan Personil Polres Sikka untuk melaksanakan Kegiatan Cooling System di wilayah Hukum Polres Sikka.

seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa kegiatan ini lebih mengarah kepada pendekatan kepada semua elemen dan stakeholder Masyarakat Kab.Sikka terutama kepada para Tokoh Politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, organisasi masyrakat,paguyuban serta elemen-elemen dan stakeholder-stakeholder yang tersebar di Wilayah Kabupaten Sikka ,untuk mewujudkan suasana yang aman dan sejuk menjelang,saat maupun sesudah pemilukada Sikka 2024.

 

Personil Polres Sikka diterjunkan langsung Ke masyarakat untuk melakukan pendekatan, penggalangan dan koordinasi dengan semua elemen masyarakat Kab.Sikka terutama kepada para tokoh masyarakat yang tersebar di wil.Kab.Sikka dari tingkat Desa,kelurahan, kecamatan maupun tingkat Kabupaten Sikka.

 

Merespon Perintah Kapolres Sikka, maka pada hari Kamis tanggal 05 September 2024, jam 15.00 witta, bertempat di Wairhubing, RT 017, RW 005, Desa Watuliwung, Kec.Kangae, Kab.Sikka. Kasubsi Penmas Sihumas Polres Sikka, IPDA LEONARDUS TUNGA,S.M telah melaksanakan kegiatan Cooling System yakni koordinasi dan pendekatan dengan salah satu tokoh masyarakat Desa Watuliwung BAPAK LOPIS VINSENTIUS,S.E. Kegiatan ini dilaksanakan guna menjaga situasi/ keadaan wil Kab Sikka dalam keadaan dingin( baik dan sejuk ) dalam rangka menyongsong,saat dan sesudah pelaksanaa pemilikada Sikka 2024 yang aman dan kondusif.

 

Pada kesempatan lain sebelumnya seperti yang sudah dikabarkan oleh Tribratanewssikka pada hari Rabu,tanggal 04 September 2024 bahwa Selaku Perwira Pemantau Wilayah( Pamatwil)Kec.Tanawawo IPDA LEONARDUS TUNGA,S.M juga mengunjungi tokoh masyarakat, tokoh agama,tokoh adat, dan tokoh pemuda Kec.Tanawawo untuk memastikan siskamtibmas Wil Kec.Tanawawo dalam keadaan aman dan kondusif menjelang Pemilukada Sikka tahun 2024.

 

Tokoh Masyarakat Desa Watumilok BAPAK LOPIS VINSENTIUS,S.E sangat menenerima baik dan antusias dengan kegiatan tersebut di atas, dan bersedia bekerjasama denga pihak Kepolisian dan elemen terkait untuk menjamin ketertiban dan keamanan di wilayah Desa Watumilok, maupun wilayah Kecamatan, Kangae Kab.Sikka Kegiatan Koordinasi berjalan dengan aman dan lancar.  *LT16PAG23*