"Kirab Kebangsaan Meriahkan HUT ke-79 RI di Kabupaten Sikka: Peserta Tiba di Bukit Nilo dalam Semangat Merah Putih"

Tribratanewssikka.com-Maumere, 16 Agustus 2024 – Kabupaten Sikka merayakan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menggelar Kirab Kebangsaan yang dimulai pada pukul 06.30 WITA di halaman Gelora Samador Maumere. Acara pelepasan peserta kirab dilakukan oleh PJ Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, SE, M.Si, didampingi oleh Forkompinda Kabupaten Sikka.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain Danlanal Maumere Kolonel Marinir Anjas Wicaksono Putro, Dandim 1603 Sikka Letkol Czi Stiawan Nur Prakoso Utomo, Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H., S.I.K.,M.M.,serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri Maumere, Pengadilan Negeri Maumere, dan sejumlah kepala instansi pemerintah dan swasta seperti Kepala Basarnas, Kepala Imigrasi, dan Kepala Bandara Frans Seda Maumere.

Rombongan Kirab Kebangsaan berangkat menuju Bukit Patung Bunda Maria Nilo, Dusun Kojalaka, Desa Wuliwutik, Kec. Nita, pada pukul 07.30 WITA. Setibanya di lokasi, pukul 08.00 WITA, diadakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin langsung oleh PJ Bupati Sikka, Adrianus F. Parera.

Rangkaian acara Kirab Kebangsaan meliputi: Pembukaan oleh MC. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Mengheningkan Cipta. Pengibaran Bendera Perorangan diiringi Lagu Berkibarlah Benderaku. Sambutan PJ Bupati Sikka. Penutupan acara.

 

Acara berlangsung dengan khidmat dan aman, selesai pada pukul 08.40 WITA. Rombongan Forkompinda Sikka meninggalkan Bukit Patung Bunda Maria Nilo dan kembali ke Kantor Bupati Sikka pada pukul 08.45 WITA dalam keadaan lancar.

 

Kirab Kebangsaan ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, yang menunjukkan semangat persatuan dan kebanggaan nasional. Acara ini juga menjadi momen penting dalam memperkuat tali persaudaraan dan kepedulian sosial di tengah masyarakat Kabupaten Sikka. ( cm²⁴)