Menuju Zona Integritas WBK Dan WBBM Tahun 2021, Polres Sikka Terima Kunjungan Tim Penilai Internal Mabes Polri

Menuju Zona Integritas WBK Dan WBBM Tahun 2021, Polres Sikka Terima Kunjungan Tim Penilai Internal Mabes Polri

Tribratanewssikka.com, Maumere – Polres Sikka menghadapi tahap awal penilaian pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) atau Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Internal (TPI) Pembangunan ZI dari Mabes Polri di Polres Sikka, Jumat (12/3).

TPI yang dipimpin oleh Kasubbagbinfung Bagrendafung Itwasum Polri AKBP Sri Eko Wahyuningsih, B.Sc didampingi Pamin Bagsisinfolap Biro RBP Srena Polri Iptu Antonio Noriega, S.E. bersama Tim dari Biro Rena Polda NTT Penata Fandy B. Soru dan Briptu Topan A. Pradipta.

Sebelum dilakukan penilaian, Kapolres Sikka AKBP Sajimin, S.I.K., M.H., memberikan ucapan selamat datang kepada tim dan laporan singkat terkait pembangunan ZI yang sudah dilakukan Polres Sikka.

Kapolres menjelaskan ada kelengkapan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) yaitu 6 langkah Polres Sikka dalam memuluskan pembangunan Zona Integritas meliputi :

  1. Manajemen Perubahan meliputi sikap dan kultur
  2. Penataan tata laksana
  3. Penataan manajemen sumber daya manusia
  4. Penguatan akuntabilitas kerja
  5. Pengawasan
  6. Peningkatan aspek pelayanan public

“Kami sudah cek kelengkapan LKE masing-masing program secara berulang dan saat penilaian ketua program bersama operator program menunjukkan satu persatu dokumen kelengkapan LKE kepada TPI,” ujar Kapolres.

Ketua TIM AKBP Sri Eko Wahyuningsih, B.Sc menilai pembangunan ZI memiliki dua elemen penting yaitu komitmen menciptakan institusi bersih dan bebas dari korupsi serta kepuasan masyarakat melalui pelayanan publik yang bersih dan berkualitas,

Selain menilai, kami juga akan melakukan pendampingan asistensi pencanangan ZI Polres Sikka., hal tersebut menurutnya penting guna mempersiapkan SDM, sarana dan prasara termasuk kualitas pelayanan public sehingga Polres Sikka dinyatakan benar-benar siap dan mampu sebelum tim asesor Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penilaian.

“Tugas kami memastikan rekan-rekan di Polres Sikka agar benar-benar siap sebelum dikunjungi langsung oleh tim asesor Kemenpan RB,” katanya.

AKBP Sri menjelaskan hal yang terpenting dalam pembangunan Zona Integritas adalah komitmen dan keberlanjutan program, sehingga pembangunan Zona Integritas di Polres Sikka terus berlanjut dan masyarakat benar-benar mempercayai kredibilitas institusi tersebut. (k21)