Menyongsong Nataru, Polres Sikka Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Ranakah 2021

Menyongsong Nataru, Polres Sikka Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Ranakah 2021
Menyongsong Nataru, Polres Sikka Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Ranakah 2021
Menyongsong Nataru, Polres Sikka Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Ranakah 2021
Menyongsong Nataru, Polres Sikka Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Ranakah 2021

Tribratanewssikka.com, Maumere - Dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah Kabupaten Sikka, Polres Sikka menggelar apel gelar pasukan "OPERASI LILIN RANAKAH 2021 di Lapangan Apel Polres Sikka, Kamis (23/12/2021).

Pada kegiatan apel gelar tersebut Bupati Sikka FRANSISKUS ROBERTO DIEGO, S.Sos., M.Si. memimpin langsung apel tersebut dan membacakan pidato tertulis Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menyampaikan, dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan  83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Personil tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan dan lain-lain.

Selain itu beliau juga menyampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, yaitu ; siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat, tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.

Selanjutnya, melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sortasi dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy sistem, melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, mantapkan kerjasama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi serta tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Sebelum mengakhiri amanat ini, beliau mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personil dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam operasional lilin Ranakah 2021, semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi
perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu
torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak”. Tidak lupa, pada kesempatan yang baik ini saya
juga mengucapkan:
“Selamat Hari Raya Natal 2021
Dan Tahun Baru 2022”.

 Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan keselamatan kepada kita, dalam melanjutkanpengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara, dalam bingkai persatuan dan kedamaia.

Setelah membacakan amanat, Dikesempatan itu Bupati Sikka  menyematkan pita ops lilin ranakah tahun 2021 kepada setiap perwakilan petugas pos lilin secara simbolis.

tampak hadir dalam Apel Gelar  tersebut Kapolres Sikka AKBP SAJIMIN, S.I.K., M.H. Kepala Basarnas Maumere I PUTU SUDAYANA,  S.E., M.AP. Perwakilan Dandim 1603 Sikka Pasiops KAPTEN SUDARSONO. Para PJU Polres Skka, dan peserta Apel dari Personil Lanal maumere, Kodim 1603 Sikka, Polres Sikka gabungan, Pol PP, Basarnas, Dinas Perhubungan dan KBPP Polri Maumere. (h17).