Monitoring Kegiatan Survei Re-Akreditasi UPTD Puskesmas Waipare Tahun 2024

Monitoring Kegiatan Survei Re-Akreditasi UPTD Puskesmas Waipare Tahun 2024

Tribratanewssikka. Com - Maumere. Kegiatan Survei Re-Akreditasi UPTD Puskesmas Waipare berlangsung pada hari Senin, 27 Mei 2024, mulai pukul 10.00 WITA, bertempat di Puskesmas Waipare, Jl. Nairoa, Desa Watumilok, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka. 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Akreditasi Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Primer (LAFKESPRI) yang dipimpin oleh Ferdinandus Klau Seran, SKM sebagai Ketua, dan drg. Maria Silalahi, MPHM sebagai anggota.

 

Survei Re-Akreditasi ini bertujuan untuk membina Puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan primer dalam upaya berkelanjutan memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja, yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko. 

 

Dengan adanya akreditasi ini, diharapkan manajemen Puskesmas Waipare dapat menerapkan prosedur standar yang baik, sehingga pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan. Puskesmas Waipare diketahui membawahi lima Pustu dan sembilan Polindes yang tersebar di wilayah Kecamatan Kangae. 

 

Hadir dalam kegiatan ini, antara lain: Camat Kangae Erick Hermianus, Anggota DPRD Kabupaten Sikka Dapil II Yoseph Nong SonyMewakili Kapolsek Kewapante, Kanit Binmas Polsek Kewapante Aipda Yoseph P. KolesKanit Intelkam Polsek Kewapante Bripka Apriyanto Abolla, Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Martina Pali, Kepala Puskesmas Kewapante, Armaria Sukance, AMd.Keb, beserta tenaga kesehatan dan stafPara kepala desa se-Kecamatan KangaeTokoh masyarakat, adat, dan agama se-Kecamatan Kangae. 

 

Rangkaian kegiatan dimulai dengan penyambutan Tim Survei yang ditandai dengan sapaan adat, huler wair, dan pengalungan selendang. Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC, doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Puskesmas Waipare, sambutan-sambutan, dan pemaparan profil Puskesmas Waipare oleh Kepala Puskesmas Waipare. Setelah itu, Tim Akreditasi melakukan peninjauan ruangan dan peralatan medis di Puskesmas Waipare, diakhiri dengan arahan dari Ketua Tim Survei, foto bersama, dan penutupan.

 

Kegiatan Pembukaan Survei Re-Akreditasi hari pertama ini berakhir pada pukul 13.00 WITA dan dilanjutkan dengan survei internal akreditasi Puskesmas Waipare. Situasi selama kegiatan berlangsung aman dan terkendali. Kegiatan Re-Akreditasi Puskesmas Waipare akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari Senin, 27 Mei hingga Rabu, 29 Mei 2024.