Monitoring Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota PPS dalam Pemilihan Gubernur dan Bupati Sikka Tahun 2024

Monitoring Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Anggota PPS dalam Pemilihan Gubernur dan Bupati Sikka Tahun 2024

Tribratanewssikka. Com - Maumere. Minggu, 26 Mei 2024 bertempat di Gedung Aula SCC (Sikka Convention Centre) Jl. Ahmad Yani, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, telah berlangsung acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Sikka Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan KPU Kabupaten Sikka Nomor 714 Tahun 2024 tentang Penetapan dan Pengangkatan Anggota Panitia Pemungutan Suara.

Acara dimulai pukul 10.00 WITA, dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Sikka, Bapak Herimanto, SH., MH, didampingi oleh beberapa anggota KPU Kabupaten Sikka, yaitu Kordiv Perencanaan, Data dan Informasi Bapak La Hajimu, Kordiv Teknis Penyelenggaraan Bapak Harun Al Rasyid, M.Pd., Kordiv Hukum dan Pengawasan Bapak Yosef Ferdinandus Boy Gapo, serta Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Bapak Ignasius Irvanto Chandra Say.

 

Turut hadir dalam acara tersebut Kaban Kesbangpol Kabupaten Sikka Bapak Drs. Silvester Saka, Pasi Intel Lanal Maumere Mayor (P) Sentot Widodo, Pasi Intel Kodim 1603 Sikka Lettu Nyoman Minggu Diana, KBO Sat Intelkam Polres Sikka Ipda Chairul Syafar, Sekretaris KPU Kabupaten Sikka Bapak Drs. Aloysius Elwis Da Rato, 582 Anggota PPS terpilih, perwakilan PPK dari tiap kecamatan, rohaniawan, serta media dan pers.

 

Rangkaian kegiatan dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan KPU Kabupaten Sikka Nomor 714 Tahun 2024. Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh Ketua KPU Kabupaten Sikka, penandatanganan berita acara pengambilan sumpah/janji, dan pembacaan serta penandatanganan Pakta Integritas.

 

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Sikka, Bapak Herimanto, SH., MH, menekankan pentingnya peran PPS sebagai penyelenggara ad hoc di tingkat desa/kelurahan dalam Pemilihan Kepala Daerah 2024. Beliau mengingatkan agar PPS dapat mengawal pesta demokrasi dengan baik dan menjauhkan diri dari konflik yang dapat merusak nilai-nilai demokrasi.

 

Kaban Kesbangpol Kabupaten Sikka, Bapak Drs. Silvester Saka, juga memberikan sambutannya, berharap agar anggota PPS bekerja sesuai aturan yang berlaku dan menjalankan tugas dengan penuh integritas.

 

Acara ditutup dengan doa dan foto bersama, berakhir pada pukul 11.45 WITA dalam keadaan aman dan lancar, dengan monitoring dari Unit I Sat Intelkam Polres Sikka.

 

Setelah pelantikan, anggota PPS yang telah dilantik akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) terkait tugas dan tanggung jawab mereka dalam Pilkada 2024 yang akan disampaikan oleh Komisioner KPU Kabupaten Sikka.

 

Acara ini menandai kesiapan Kabupaten Sikka dalam menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Sikka tahun 2024 dengan harapan dapat berjalan lancar, aman, dan sukses