Monitoring Penguatan Kapasitas Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sikka: Komitmen Bawaslu dalam Menjaga Integritas Pilkada

Monitoring Penguatan Kapasitas Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sikka: Komitmen Bawaslu dalam Menjaga Integritas Pilkada

Tribratanewssikka.com-Maumere. Bawaslu Kabupaten Sikka menyelenggarakan kegiatan penguatan kapasitas untuk Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sikka pada hari Kamis, 25 Juli 2024. Acara ini berlangsung di Aula Hotel El Tari Indah, Jl. El Tari, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pemilihan umum.

Acara dimulai pukul 10.00 WITA dengan pembukaan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sikka, Ibu Florita Idah Djuang, SE. Dalam sambutannya, Florita menekankan pentingnya penguatan sumber daya manusia (SDM) Panwaslu Kecamatan untuk memastikan setiap tahapan Pilkada berjalan sesuai dengan pedoman dan teknis yang telah ditetapkan dalam Perbawaslu.

 

Mendampingi Ketua Bawaslu dalam kegiatan ini adalah : Bpk. Muhajir Latief, S.Pd. – Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Sikka. Bpk. Yohanes Ariski, SE. – Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Sikka. Bpk. Yustinus D.M. Badar, S.IP. – Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sikka.

 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh narasumber sekaligus pemerhati pemilihan, Bpk. Aswan Abola, S.Sos., yang memberikan pemaparan materi tentang penanganan pelanggaran pemilihan dan juga para peserta yang terdiri dari Ketua Panwas Kecamatan, Kepala Sekretariat Panwas Kecamatan, serta staf Bawaslu Kabupaten Sikka, mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru yang sangat berguna dalam menjalankan tugas pengawasan pemilu.

 

Tujuan dari Kegiatan ini untuk memperkuat kapasitas dan kapabilitas Panwaslu Kecamatan dalam menghadapi tantangan pengawasan tahapan Pilkada. Penguatan ini sangat penting untuk memastikan setiap pelanggaran pemilihan dapat ditangani dengan cepat dan tepat, menjaga integritas dan transparansi proses pemilihan di Kabupaten Sikka.

 

Kegiatan yang berlangsung hingga pukul 16.00 WITA ini berjalan dengan lancar dan aman. Seluruh rangkaian acara dimonitoring oleh Personel Polres Sikka, memastikan keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung.

 

Dengan adanya kegiatan ini, Bawaslu Kabupaten Sikka berharap Panwaslu Kecamatan dapat semakin siap dan sigap dalam menjalankan tugas pengawasan, sehingga Pilkada dapat berlangsung dengan jujur, adil, dan demokratis.