Ops Zebra Turangga 2023, Wakapolres Pimpin Latihan Pra Operasi

Ops Zebra Turangga 2023, Wakapolres Pimpin Latihan Pra Operasi

Tribratanewssikka.com, Maumere – Kepolisian Negara Republik Indonesia akan melaksanakan Operasi Zebra selama 14 hari di mulai tanggal 4 September 2023 dan akan berakhir pada tanggal 17 September 2023. Sebelum pelaksanaan operasi, Kepolisian Resor Sikka menggelar Latihan Pra Operasi yang dipimpin oleh Wakapolres Sikka Kompol Ruliyanto J. P. Pahroen, S.Sos., S.I.K., di ruang PPKO pagi tadi, Kamis (31/8).

Dalam membuka kegiatan tersebut, Wakapolres mengingatkan kepada seluruh personil yang terlibat dalam Operasi agar melaksanakan kegiatan operasi nantinya dengan penuh rasa tanggung jawab. Wakapolres juga menjelaskan bahwa aka nada dua operasi yang berjalan bersamaan nantinya.

“Akan ada dua operasi yang berjalan, yakni Operasi Zebra dan Operasi Bina Karuna yang berkaitan dengan penanganan Karhutlah. Saya harap agar pelaksanaan kedua operasi ini dapat saling bersinergi, saat personil Satuan Lalu Lintas melaksanakan Operasi Zebra, dapat diisi dengan himbaua karhutlah oleh personil Satuan Binmas,” ucap Wakapolres.

Kegiatan yang bertemakan “Kamseltibcarlantas Menuju Pemilu 2024” ini diisi oleh pemateri antara lain KBO Sat Intelkam Aiptu Oktovianus D. Saiful, Kabag Ops AKP Syafrudin, dan KBO Sat Lantas Ipda Efraim Emanuel.

Wakapolres juga menambahkan, agar setiap personil yang terlibat dalam operasi dibekali dengan pengetahuan akan aturan dan undang-undang yang berkaitan dengan pelaksanaan Operasi Zebra nantinya.

“Bekali ilmu kepada personil agar paham dalam melaksanaan tugas nanti di lapanga, serta juga dalam operasi nantinya, jangan hanya diberikan tindakan kepada para pelanggar, namun juga diberikan solusi, misalnya jika pelanggar tidak memiliki sim, diarahkan untuk pembuatan SIM dan lain sebagainya,” tambahnya.

“Hindari bentrokan dan gesekan di lapangan, dan dalam masa operasi nantinya mari kita bersama-sama mengimbau dan mengajak keluarga, teman dan kenalan untuk patuh dalam berlalu lintas untuk menciptakan kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif,” tutupnya.