Personel Polres Sikka Amankan Kegiatan Pembekalan Saksi Partai Nasdem.

Personel Polres Sikka Amankan Kegiatan Pembekalan Saksi Partai Nasdem.

Tribratanewssikka - Maumere Dalam rangka memastikan kelancaran dan keberlanjutan demokrasi, DPD Partai Nasdem Kabupaten Sikka menyelenggarakan kegiatan pembekalan saksi pada hari Rabu, tanggal 17 Januari 2024, pukul 11.30 hingga 13.00 WITA. Acara berlangsung di Aulah YAYASAN WAHANA TANI MANDIRI, Tanali, Desa Bhera, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka. Wilayah Hukum Polsek Paga.

Sebanyak 276 orang saksi turut serta dalam kegiatan ini, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai tugas dan tanggung jawab mereka selama pemilihan umum. Materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek, mulai dari tata cara pemungutan suara hingga penghitungan hasil pencoblosan.

Adapun Materi yang disampaikan meliputi:Kehadiran di Tempat Pemungutan Suara (TPS) setengah jam sebelum pemungutan suara dimulai.

Pendampingan pemilih harus dilakukan oleh orang terdekat yang bukan keluarga.

Kewajiban mendapatkan salinan C. Hasil pencoblosan.

Penjelasan mengenai tata cara memilih dan jenis surat suara.

Menyaksikan selama berjalannya pencoblosan dan perhitungan hasilnya.

Para saksi dilengkapi dengan surat tugas atau mandat dari Partai Nasdem.

Perkenalan terhadap warna surat suara.

Pentingnya kecermatan saat penghitungan untuk menghindari kehilangan suara bagi Partai Nasdem.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, antara lain IBU YULI SUTRISNO LASIKODAT, VONI MARIA RENYAROSARI FRANCIS, FRANS BARI, BOY SATRIO ST., serta para calon legislatif dari Partai Nasdem dapil IV, termasuk THOMAS TIBA dan ANA MARLINDA.

Alat peraga seperti baliho, bendera partai, dan pengeras suara turut digunakan untuk mendukung kegiatan ini. Selain itu, kendaraan roda dua (R2) sebanyak 100 unit dan kendaraan roda empat (R4) sebanyak 10 unit.

Pengamanan kegiatan ini dijamin oleh Personil Polres Sikka sesuai dengan Surat Perintah Kapolres Sikka Nomor: Sprin/56/I/OPS.1.1.1./2024 tanggal 16 Januari 2024. Didahului Apel persiapan Pengamanan di Mako Polsek Paga dipimpin oleh Kapolsek Paga IPTU DONATUS PARU bersama personil yang terlibat dalam pengamanan.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga mendapat pengawasan ketat dari Panwascam Kec. Mego dan PKD Desa Bhera, memastikan transparansi dan integritas selama proses berlangsung. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dapat terjamin, serta proses demokrasi berlangsung dengan fair dan transparan.