Polres Sikka Gelar ANEV BOS V2, Bhabinkamtibmas Didorong Tingkatkan Sinergitas dan Kedisiplinan Jelang Pilkada

Tribratanewssikka.com - Maumere.,Pada Jumat, 27 Agustus 2024, pukul 08.30 WITA, Polres Sikka menggelar kegiatan Analisa dan Evaluasi (ANEV) terkait penggunaan Aplikasi BOS V2 bagi Bhabinkamtibmas. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakapolres Sikka, Kompol Nofi Posu, S.H., S.I.K., M.H., di Ruang Satya Haprabu Polres Sikka, dengan dihadiri oleh KBO Sat Binmas, para Kanit Binmas Polsek, anggota Bhabinkamtibmas, serta personel Sat Binmas.

Dalam arahannya, Wakapolres Sikka menekankan pentingnya peran Bhabinkamtibmas dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di setiap tahapan Pilkada 2024. 

Ia mengingatkan agar para petugas selalu menjalin sinergi dengan Babinsa dan aparat desa untuk memastikan stabilitas wilayah. "Bhabinkamtibmas harus aktif memberikan himbauan kepada masyarakat agar menjaga ketenangan, khususnya selama masa Pilkada ini. Jaga kesehatan, karena kegiatan ke depan akan semakin padat," tegas Kompol Nofi Posu.

Selain itu, Wakapolres juga menyoroti temuan Itwasum Mabes Polri terkait laporan melalui Aplikasi BOS V2 yang belum diselesaikan. Ia menginstruksikan agar laporan tersebut segera dibuat dan dilaporkan sesuai ketentuan. “Temuan Itwasum Mabes Polri terkait laporan yang belum dibuat harus segera ditindaklanjuti. Pastikan semuanya berjalan sesuai prosedur,” tambahnya.

 

Wakapolres juga menekankan pentingnya pertemuan ANEV tidak hanya sebagai ajang formalitas, tetapi benar-benar dijadikan sarana evaluasi. Ia mengingatkan bahwa setiap pertemuan harus menghasilkan langkah-langkah perbaikan untuk kegiatan di masa mendatang. "Jadikan evaluasi ini sebagai acuan untuk memperbaiki kekurangan yang ada, sehingga ke depan kita dapat bekerja lebih baik," ujarnya.

 

Dalam kegiatan tersebut, salah satu hasil yang dicapai adalah instruksi untuk mengaktifkan kembali laporan harian melalui Aplikasi BOS V2 bagi anggota Bhabinkamtibmas yang belum menggunakannya secara optimal. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan transparansi pelaporan tugas di lapangan.

 

Kegiatan ANEV BOS V2 ini berlangsung aman dan tertib hingga selesai pada pukul 09.00 WITA. Kehadiran para petugas dari berbagai unit, termasuk KBO Sat Binmas, para Kanit Binmas Polsek, anggota Bhabinkamtibmas, serta personel Sat Binmas, turut memastikan bahwa diskusi dan evaluasi berjalan produktif. ( Cm²4 )