"Semarak HUT RI ke-79: Upacara Penurunan Bendera di Sikka Berlangsung Khidmat dan Lancar"

Tribratanewssikka.com-Maumere, 17 Agustus 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79, Kabupaten Sikka menyelenggarakan upacara penurunan Bendera Merah Putih pada Sabtu sore, 17 Agustus 2024. Acara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Sikka, Jalan Eltari, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok ini dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, S.E, M.Si, sebagai Inspektur Upacara.

Dengan tema "Nusantara Baru Indonesia Maju," upacara penurunan bendera berlangsung khidmat dan lancar. Sebanyak delapan peleton yang terdiri dari gabungan personel TNI, Polri, Basarnas, Satpol PP, mahasiswa, pelajar, dan ASN Pemerintah Kabupaten Sikka turut serta dalam upacara ini. Peleton Kodim 1603 Sikka, Lanal Maumere, Brimob Den B Pelopor, dan Samapta menjadi kekuatan utama dalam formasi upacara, menambah kekhidmatan acara.

Upacara dimulai tepat pukul 17.00 WITA dengan laporan perwira upacara kepada Inspektur Upacara. Komandan Upacara, Lettu Inf. Nyoman Minggu Diana, memimpin barisan dengan sigap, sementara tim Drumband dari SMK Yappen Rais Maumere mengiringi jalannya upacara. Pengibaran Sang Merah Putih berlangsung lancar diiringi lagu kebangsaan Andika Bhayangkari, yang menambah suasana haru di antara para peserta upacara.

Upacara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting di Kabupaten Sikka, antara lain Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Dandim 1603 Sikka, Komandan Batalyon Brimob Pelopor B Maumere, serta Perwakilan dari Polres Sikka dan Basarnas Maumere. Kehadiran para tamu undangan ini menunjukkan sinergi yang kuat antara berbagai instansi di Kabupaten Sikka dalam menjaga semangat kebangsaan dan persatuan.

 

Setelah seluruh rangkaian acara selesai, upacara ditutup dengan laporan kembali dari Komandan Upacara dan penghormatan terakhir kepada Inspektur Upacara. Upacara berakhir pada pukul 17.45 WITA, berjalan dengan aman dan tertib.

 

Sebagai kelanjutan dari peringatan HUT RI ke-79, rangkaian acara akan dilanjutkan dengan Resepsi dan Toast Kenegaraan yang akan berlangsung pada pukul 19.00 WITA di Gedung SCC. Acara ini diharapkan menjadi momen refleksi bersama atas perjuangan bangsa serta mempererat persatuan di Kabupaten Sikka. ( Cm²⁴)