Amankan Hari Raya Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih, Polres Sikka Kerahkan Ratusan Personel

Amankan Hari Raya Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih, Polres Sikka Kerahkan Ratusan Personel
Amankan Hari Raya Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih, Polres Sikka Kerahkan Ratusan Personel

Tribratanewssikka.com, Maumere – Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang jatuh pada hari ini, bertepatan dengan peringatan Kenaikan Isa Al-Masih.

Momen hari Lebaran bertepatan dengan peringatan Kenaikan Isa Al-Masih ini terbilang langka. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian serupa tercatat pernah terjadi pada tahun 1727 silam.

Berkaitan dengan dua hari raya besar agama ini, jajaran Kepolisan Resor Sikka  bersama TNI serta instansi terkait, terjunkan ratusan personel untuk pengamanan sholat Idul Fitri 1442 H dan perayaan Kenaikkan Isa Al-Masih, yang jatuh pada hari yang ini, Kamis (13/05/2021).

Personel gabungan tersebut diterjunkan guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di sejumlah tempat ibadah di Kabupaten Sikka serte menertibkan penerapan protokol kesehatan di tengah situasi pandemi covid-19.

Kapolres Sikka, AKBP Sajimin, S.I.K., M.H., mengatakan ratusan personil Polri dan TNI, serta instansi terkait lainnya telah disipakan untuk melakukan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan peringatan Kenaikan Isa Al-Masih di Kab. Sikka.

“Pada hari ini, umat Muslim melaksanakan Sholat Ied, sedangkan umat Nasrani melaksanakan ibadah di Gereja. Dan sudah merupakan kewajiban kita untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi saudara-saudara kita yang menjalankan ibadah,” tuturnya.

Selain melakukan pengamanan di lokasi ibadah, Polres juga menerjunkan beberapa personil Satuan Samapta dan Satuan Lalu Lintas untuk melakukan patroli demi mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di jalanan dan lingkungan masyarakat.

"Kami terjunkan juga personel untuk berpatroli guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas di lingkungan masyarakat," ungkap Kapolres.

Tidak lupa Kapolres juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H untuk umat Muslim dan Selamat memperingati Kenaikkan Isa Al-Masih bagi umat Nasrani.

Menurutnya, peringatan ini menjadi momen penting untuk terus merajut kebersamaan, rukun dan saling menghargai dalam perbedaan, serta menjadi momentum untuk merajut kebersamaan.

"Mari kita jaga toleransi di Nian Tana Sikka ini dengan baik, rukun, dan damai." Ucapnya.

Selain itu, Personil Polres Sikka juga tak hentinya mengingatkan masyarakat dan pengurus tempat ibadah untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan dengan ketat. (k21)