Bhabinkamtibmas Desa Dobo Gelar Patroli Dialogis untuk Jaga Kondusivitas Menjelang Pilkada

Tribratanewssikka.com - Maumere.,Menjelang Pilkada 2024, upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terus digencarkan oleh jajaran Polri. Salah satu langkah nyata dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Dobo, Bripka Egidius Funan, yang melaksanakan patroli dialogis serta kegiatan sambang di wilayah binaannya pada Rabu (25/9/2024).

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 11.00 hingga 12.00 WITA, dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif. Dalam patroli tersebut, Bripka Egidius Funan aktif melakukan pendekatan kepada warga dan pemuda setempat, mengajak mereka untuk berperan aktif dalam menjaga situasi kamtibmas. Ia menekankan pentingnya kerja sama antara masyarakat dan Polri, terutama menjelang pemilihan kepala daerah yang kerap menjadi momen krusial bagi stabilitas keamanan.

 

Tidak hanya itu, Bripka Egidius juga menyerap berbagai informasi dan mendengarkan langsung keluhan warga terkait isu-isu keamanan di wilayah tersebut. Ia memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi warga serta mengedukasi mereka tentang pentingnya melaporkan peristiwa pidana atau hal-hal mencurigakan secara cepat kepada pihak kepolisian, khususnya kepada Bhabinkamtibmas setempat.

 

“Apabila ada kejadian yang mencurigakan atau tindak pidana, jangan ragu untuk segera menghubungi saya atau petugas terdekat. Kerja sama kita semua sangat diperlukan untuk menjaga lingkungan tetap aman dan damai,” ujar Bripka Egidius dalam imbaunya kepada warga.

 

Kegiatan patroli dialogis ini diterima dengan baik oleh masyarakat Desa Dobo. Mereka menyatakan siap untuk bekerja sama menjaga kondusivitas lingkungan, terutama di masa-masa menjelang Pilkada.

 

Dalam menjalankan tugasnya, Bripka Egidius menggunakan kendaraan roda dua (R2) jenis Versa yang memungkinkan mobilitas lebih cepat dan fleksibel, sehingga dapat menjangkau berbagai titik patroli dengan efisien.

 

Patroli dialogis yang berlangsung selama satu jam ini berjalan lancar dan kondusif, tanpa adanya gangguan keamanan. Bripka Egidius Funan berharap, dengan kegiatan semacam ini, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kamtibmas dapat terus meningkat, sehingga Desa Dobo tetap aman dan tenteram di tengah persiapan pesta demokrasi.