"Kapolres Sikka Hadiri Rapat Pleno Terbuka, Pantau Langsung Kesiagaan Personel di Lapangan"

Tribratanewssikka.Com - Maumere.,24 September 2024 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka menggelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sikka tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor KPU Kabupaten Sikka di Jl. El Tari Dalam, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, pada pukul 15.00 WITA ini berjalan aman dan tertib.

Ketua KPU Kabupaten Sikka, Herimanto, S.H., M.H., memimpin rapat pleno tersebut didampingi oleh empat komisioner KPU lainnya, yaitu Harun Al Rasyid (Kordiv Teknis Penyelenggaraan), Yosef Fredianus Boy Gapo (Kordiv Hukum dan Pengawasan), Ignasius Irvanto Chandra Say (Kordiv Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih), serta La Hajimu (Kordiv Perencanaan, Data, dan Informasi). Rapat ini merupakan bagian penting dari tahapan Pilkada 2024 untuk menetapkan nomor urut pasangan calon yang akan bertarung dalam pemilihan mendatang.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat penting daerah, di antaranya Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata didampingi Wakapolres Sikka KOMPOL NOFI POSU, S.H., S.I.K., M.H, Dandim 1603 Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, serta perwakilan dari Lanal Maumere, Kejaksaan Negeri, Bawaslu, dan jajaran pemerintah daerah lainnya. Tidak ketinggalan, empat pasangan calon beserta pendukung dan simpatisan masing-masing turut memeriahkan acara tersebut.

Proses pengundian dimulai dengan pengambilan nomor antrean oleh calon Wakil Bupati berdasarkan urutan pendaftaran ke KPU Sikka, disusul oleh pengundian nomor urut oleh calon Bupati. Berikut hasil pengundian nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sikka untuk Pilkada 2024:

  • Paket ROMANTIS – Fransiskus Roberto Diogo dan Martinus Wodon, diusung oleh PDIP, Demokrat, dan Perindo, mendapatkan nomor urut 1.
  • Paket SARR – Suitbertus Amandus dan Robertus Ray, diusung oleh Partai Nasdem, Hanura, PKB, dan PPP, mendapatkan nomor urut 2.
  • Paket FLORIDA – Mekeng P. Florianus dan Alfridus Melanus Aeng, maju melalui jalur perseorangan, mendapatkan nomor urut 3.
  • Paket JOSS – Juventus Prima Yoris Kago dan Simon Subandi Supriyadi, diusung oleh Partai Golkar, Gerindra, PKS, dan PSI, mendapatkan nomor urut 4.

 

Setelah pengundian, KPU Kabupaten Sikka menyerahkan secara resmi keputusan mengenai nomor urut pasangan calon kepada masing-masing pasangan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan pengawal pribadi (Walpri) kepada setiap pasangan calon oleh Kapolres Sikka, AKBP Hardi Dinata, yang juga menyampaikan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama masa kampanye.

 

Rapat pleno diakhiri dengan sambutan penutupan dari Ketua KPU Kabupaten Sikka, yang mengapresiasi kerjasama seluruh pihak selama tahapan Pilkada berlangsung. Ia juga mengingatkan bahwa tantangan ke depan, khususnya selama masa kampanye, akan semakin besar, dan mengajak semua pihak untuk menjaga kedamaian dan menghindari provokasi serta penyebaran hoaks.

 

Rapat pleno ini berlangsung aman berkat pengamanan ketat dari personel Polres Sikka, yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sikka, AKP I Wayan Oka Deswanta, S.E., serta dukungan Sat Brimob Yon B Pelopor Maumere yang dipimpin oleh AKP I Ngurah Sastrawan. Pengamanan ini dilakukan sesuai dengan Surat Perintah Kapolres Sikka No. Sprin/785/IX/OPS.1.3/2024.

 

Sebagai bagian dari rangkaian Pilkada 2024, esok hari, Selasa, 24 September 2024, akan dilaksanakan Ikrar Pilkada Damai di Mapolres Sikka pada pukul 08.00 WITA. Acara ini akan diikuti oleh seluruh pasangan calon dan Forkopimda Kabupaten Sikka. Pada sore harinya, pukul 15.00 WITA, akan dilaksanakan Deklarasi Kampanye Damai di halaman Kantor KPU Kabupaten Sikka, sebagai bentuk komitmen untuk menjaga pemilu yang damai dan kondusif. Rapat pleno terbuka ini berakhir pada pukul 18.30 WITA dalam suasana yang tertib dan lancar. (Cm²4)