Kapolres Sikka Pimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan

Kapolres Sikka Pimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan
Kapolres Sikka Pimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan

Tribratanewssikka.com, Maumere – Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K., memimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) Polres Sikka Tahun 2023 yang digelar di Lapangan Apel Polres Sikka, Rabu (21/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Forkompimda Kab. Sikka atau yang mewakili, para PJU Polres Sikka, Kapolsek jaran, para kepala instansi terkait, Satkamling jajaran wilayah hukum Polres Sikka.

Dalam amanatnya Kapolres Sikka mengatakan, “Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling”.

Situasi Kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia. Untuk itu Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan.

Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah satuan keamanan lingkungan atau Satkamling yang merupakan Garda terdepan disetiap lingkungan RT / RW pada Kelurahan / desa.

“Oleh karena itu kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemosisian yang produktif,” imbuhnya.

Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran Satkamling itu sendiri, karena awak Satkamling baik ketua maupun pelaksananya adalah masyarakat setempat di mana mereka berdomisili. Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama.

“Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan Pemangku kepentingan lainnya sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal,” tutur Kapolres.

Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita juga bersama.

”Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh awak satkamling, serta segenap stakeholder terkait lainnya yang telah membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya,” tutupnya

Disela-sela kegiatan tersebut, Kapolres Sikka juga menyerahkan hadiah  kepada pemenang lomba Satkamling tingkat Polres Sikka.