Kapolres Sikka Pimpin Latihan Pra Operasi Bina Karuna Turangga 2023 : Bersama Kita Cegah Karhutla di Kab. Sikka

Kapolres Sikka Pimpin Latihan Pra Operasi Bina Karuna Turangga 2023 : Bersama Kita Cegah Karhutla di Kab. Sikka

Tribratanewssikka.com, Maumere - Menjelang pelaksanaan Operasi Bina Karuna Turangga 2023, Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H., S.I.K., M.M., didampingi Wakapolres Kompol Ruliyanto J. P. Pahroen, S.Sos., S.I.K., membuka kegiatan Latihan Pra (Latpra) Operasi Bina Karuna Turangga 2023, bertempat di Ruangan PPKO Polres Sikka, Senin (01/08/2022).

 Kegiatan yang bertemakan “Melalui Latpraops Bina Karuna Turangga 2023, kita tingkatkan kemampuan satgas operasi dalam rangka penanganan terhadap kebakaran hutan dan lahan demi terciptanya kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Sikka” ini dihadiri juga oleh Kabag Ops Polres Sikka AKP Syarifudin, Kasat Binmas Polres Sikka AKP Markus Suban dan personil Polres Sikka yang akan terlibat dalam pelaksanaan Operasi Bina Karuna Turangga 2023 yang dimulai pada tanggal 28 Agustus 2023 sampai 10 September 2023 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres mengatakan kegiatan Operasi Bina Karuna Turangga 2023 bertujuan dalam rangka pencegahan terhadap kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) khususnya di Kabupaten Sikka.

 “Operasi ini bertujuan untuk pencegahan terhadap Karhutla, maka lakukan upaya pencegahan dan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar hutan atau lahan dalam membuka kebun. Tindakan pembakaran hutan dan lahan merupakan suatu tindakan yang melanggar hukum. Bahkan dapat dikenakan sanksi pidana, sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku," Jelas AKBP Hardi.

 Kapolres Sikka juga mengimbau kepada Kasat Binmas dan Kabag Ops agar mengajak para Kapolsek jajaran untuk melakukan himbauan dan sosialisasi kepada pemilik lahan maupun perusahaan terkait pelarangan pembukaan lahan dengan cara membakar, karena pembakaran tersebut dapat menimbulkan dampak buruk dalam segala aspek.

 “Para Kapolsek dan seluruh personilnya agar lakukan himbauan dan sosialisasi dimana mengedepankan tindakan Preemtif dan Preventif (pencegahan niat dan kesengajaan pelaku) kepada para pengusaha dan masyarakat,” tambahnya.

Sosialisasi seperti ini mampu memberikan pencerahan, serta kesadaran sosial dan kesadaran hukum kepada seluruh elemen warga masyarakat, untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan,

Ia juga mengintruksikan kepada personel yang terlibat Operasi Bina Karuna agar melengkapi perangkat Operasi seperti perangkat lunak serta perangkat keras dalam mendukung terlaksananya Operasi Bina Karuna di wilkum Polres Sikka.

 “Harapan kita semua tentunya, semoga Karhutla tidak terjadi pada wilayah hukum Polres Sikka. Untuk itu, ayo kita bersama-sama mencegah adanya Karhutla guna terciptanya kondisi aman kondusif,” pungkasnya.