Jumat Curhat, Polri Lebih Dekat Dengan Masyarakat

Jumat Curhat, Polri Lebih Dekat Dengan Masyarakat
Jumat Curhat, Polri Lebih Dekat Dengan Masyarakat

 

Tribratanewssikka.com, Maumere – Polres Sikka laksanakan agenda Jumat Curhat, yang telah berlangsung sejak minggu lalu tepatnya tanggal 30 Desember 2022. Kali ini, Jumat Curhat dilaksanakan di Monumen Tsunami bersama dengan para pemuda Kab. Sikka dan komunitas otomotif di Kota Maumere, Jumat (6/1).

Wakapolres Sikka Kompol Ruliyanto J. P. Pahroen, S.Sos., S.I.K., didampingi Kapolsek Nelle Iptu Anshari, Kasie Hukum AKP Siprianus Sedan, dan KBO Sat Binmas Iptu Frans Somba Say memimpin langsung kegiatan jumat curhat yang digagas oleh Mabes Polri dan mendengarkan langsung keluhan, serta aspirasi dari masayrakat.

"Ini adalah upaya untuk mendengarkan keluhan, saran dan masukan warga, merupakan bagian inovasi strategis yang telah dilakukan oleh Polri" kata dia.

Seorang pemuda mengucapkan terimakasih kepada Polres Sikka yang selama ini telah mendukung dan mensuport kami dalam kegiatan kami sebagai komunitas motor Maumere, sehingga memberikan dampak serta mengurangi adanya kegiatan aksi balapan liar di wilayah Kab. Sikka.

Selain itu banyak masukan terkait pelaksanaan event motor dan penyediaan fasilitas berupa lokasi latihan bagi komunitas motor di Kab. Sikka dan juga permintaan agar Polres Sikka dapat menjadi wadah bagi anggota komunitas motor untuk dapat memiliki kartu tanda keanggotaan.

Menjawab hal tersebut Wakapolres mengungkapkan untuk Kegiatan event ataupun perlombaan motor diselanggarakan oleh Panitia Tim Motor. Polres Sikka dan Pemda Sikka akan mendukung kegiatan tersebut selama memenuhi persyaratan dan tidak melanggar aturan.

“ Untuk Saran dan masukan terkait dengan Lokasi/tempat latihan bagi komunitas motor, pihak Polres akan menyampaikan masukan tersebut ke Pemda Sikka dan terkait dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) Komunitas Motor tersebut dari berasal Tim/Panitia Komunitas Motor sendiri yang mana terdaftar dalam IMI (Ikatan Motor Indonesia). Diharapkan juga agar para komunitas motor dapat melaporkan dan mendaftarkan keberadaan Tim kepada Pemda dan Polres Sikka sehingga dapat diketahui,” jelasnya.

Salain itu, Wakapolres juga berpesan agar warga masyarakat dapat menciptakan situasi Kamtibmas  yang aman kondusif serta mematuhi peraturan saat berkendaraan seperti SIM, STNK, Penggunaan Helm, dan lainnya serta mengimplementasikan himbauan tersebut ke sesama warga lainnya.

“Kepolisian dalam hal ini Polres Sikka akan berada ditengah-tengah masyarakat dengan mendengar segala permasalahan dan keluhan masyarakat dengan penyelesaian melalui pendekatan secara preventiv. Kegiatan Jumat Curhat akan terus dilaksanakan dengan  mendengarkan keluhan-keluhan serta masukan dari masyarakat untuk kemajuan institusi Polri sekaligus untuk meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat. Sehingga bisa benar-benar menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” pungkas Wakapolres.