KP3 LAUT LAKSANAKAN PENGAMANAN KEDATANGAN KM DHARMA RUCIYRA VII DI PELABUHAN L. SAY MAUMERE

KP3 LAUT LAKSANAKAN PENGAMANAN KEDATANGAN KM DHARMA RUCIYRA VII DI PELABUHAN L. SAY MAUMERE

Tribratanewssikka, Maumere -  Pospol KP3 Laut Maumere melaksanakan pengamanan kedatangan KM Dharma Rucitra VII,  Ini sesuai tupoksinya untuk membantu administrator pelabuhan dalam menyelenggarakan keamanan di dalam daerah Pelabuhan sepanjang mengenai tata – tertib umum dalam rangka pendayagunaan dan pengusahaan pelabuhan. Maka KP3 Laut bertanggumgjawan terhadap keamanan area pelabuhan.

Pada hari Kamis tanggal 13 Juni 2024 Pukul 14.30 Wita, Pospol Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Laut  Maumere  dibawah pimpinan Aipda Pertus N.B Harving bersama 6 (Enam) anggotanya melaksanakan pengamanan kedatangan KM Dharma Rucitra VII di Pelabuhan Laut Laurentius Say, Selaian personil Kp3 Laut turut juga petugas dari TNI AL 2 orang, KSOP 2 orang, KKP Maumere 2 orang dan Karantina hewan dan tumbuhan 2 orang.




Dalam pengamanan ini personil melaporkan bahwa kedatangan KM.Dharma Rucitra VII dari Surabaya menurunkan penumpang 240 orang, Dengan rincian 220 Dewasa, 18 anak-anak dan 2 bayi. Sedangkan awak kendaraan : 63 orang ,Jumlah  kendarann Go II 3 unit, Gol IIIA 34 unit, Gol IV 9 unit dan Gol V 28 unit.
Selain melaksanakan pengamanan, Personil pengamanan menghimbau kepada penumpang yang turun agar berhati – hati terhadap barang bawaan masing-masing. Begitu juga porter pelabuhan dihimbau untuk tertib dan membantu mengangkat barang penumpang dengan baik dan tanggungjawab. Untuk sopir kendaraan agar hati-hati saat proses penurunan kendaraan dari Kapal.

Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H, S.I.K.,M.M. melalui Kapospol KP3 Laut Maumere Aipda Petrus N.B Harving mengatakan bahwa pengamanan yang dilakukan merupakan tupoksi KP3 Laut dan menghimbau kepada para penumpang untuk menjaga, mengecek barangnya sebelum turun dari kapal, terhadap para portir pelabuhan juga dihimbau untuk tanggungjawab barang yang diangkut dan para sopir saat turunkan kendaraan hati-hati. Di juga menambahkan  "keamanan akan terwujud dengan baik apabila semua sadar untuk tertib dan tidak melanggar hukum". Pungkasnya