Operasi Keselamatan Turangga 2023, Kapolres Sikka Bacakan Amanat Kapolda NTT

Operasi Keselamatan Turangga 2023, Kapolres Sikka Bacakan Amanat Kapolda NTT
Operasi Keselamatan Turangga 2023, Kapolres Sikka Bacakan Amanat Kapolda NTT

Tribratanewssikka.com, Maumere – Dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Polres Sikka melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2023 dengan tema “Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama dan Utama”di Mapolres Sikka, Selasa (7/2/2023) pukul 08.15 wita.

Apel gelar tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas, S.I.K., dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan antara lain Dandim 1603 Sikka, yang mewakili Danlanal Maumere, Kadishub Kab. Sikka, Kepada Samsat Maumere dan Jasaraharja Maumere, yang mewakili Kajari Kab. Sikka, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Maumere, serta PJU Polres Sikka dan Kapolsek Jajaran Polres Sikka.

Dalam apel gelar tersebut, Kapolres Sikka membacakan amanat Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum.

“Salah satu yang  menjadi  fokus perhatian saat   ini   adalah   keselamatan   bagi   pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.”

“Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Hal itu dapat ditunjukkan dari pengguna lalu lintas. Kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah”

“Data jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda NTT berdasarkan aplikasi IRSMS (Integrated Road Safety Management System) yang dikelola Ditlantas Polda NTT pada tahun 2022 sebanyak 1.321 kejadian, dengan korban meninggal dunia 403 orang, luka berat 488 orang, luka ringan 1.479 orang. Dibandingkan pada tahun 2021 sebanyak 1.191 kejadian. Terjadi kenaikan jumlah laka sebesar 130 kejadian atau naik  11 %. Jumlah  pelanggaran  lalu  lintas  pada tahun 2022 sejumlah 25.982 pelanggaran dibandingkan     tahun     2021     sejumlah     11.316 pelanggaran  terjadi  kenaikan  sejumlah  14.666 pelanggaran atau naik 129 %”

“Operasi Keselamatan ini merupakan jenis operasi Harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat  dalam  berlalu  lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19. Sasaran operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas serta penyebaran covid-19,  dengan berpedoman pada sasaran tersebut di atas, maka diharapkan operasi keselamatan tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas laka lantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap.”

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, kepada seluruh jajaran, perlu saya tekankan kembali, selama pelaksanaan operasi agar :

  1. melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas serta lokasi penyebaran virus covid-19;
  2. Melaksanakan   pembinaan   dan   penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang kamseltibcarlantas    dan    bahaya    covid-19 berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan, melalui  pemasangan spanduk,  banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, media elektronik, dan media sosial;
  3. Hindari    tindakan    kontraproduktif     yang dapat merusak citra polri;
  4. Lakukan operasi keselamatan ini dengan baik tanpa  menimbulkan komplain dari masyarakat;
  5. Kita   wujudkan   kamseltibcar   lantas   yang mantap dan pencegahan penyebaran covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan;
  6. Selalu    memanjatkan    doa    agar    operasi keselamatan tahun 2023 yang dilaksanakan dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat.”

“Akhirnya dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, saya mengucapkan selamat melaksanakan tugas Operasi Kepolisian Dengan Sandi Operasi Keselamatan Turangga-2023”Operasi Keselamatan Turangga 2023, Kapolres Sikka Bacakan Amanat Kapolda NTT