Pastikan Anggota Bebas Dari Narkoba, Polres Sikka Lakukan Tes Urine Dadakan

Pastikan Anggota Bebas Dari Narkoba, Polres Sikka Lakukan Tes Urine Dadakan
Pastikan Anggota Bebas Dari Narkoba, Polres Sikka Lakukan Tes Urine Dadakan

Tribratanewssikka.com, Maumere – Kapolres Sikka AKBP Sajimin, S.I.K., M.H., menginstruksikan memilih anggotanya secara random/acak untuk mengikuti tes urine usai pelaksanaan apel pagi yang bertempat di halaman Mapolres Sikka, Kamis (25/3/2021) pagi.

Tes yang digelar secara dadakan oleh Urusan Kesehatan (Urkes) dan Propam Polres Sikka ini, sempat membuat kaget sejumlah anggota karena sebelumnya tidak ada pemberitahuan.

Personel yang di tes berjumlah 20 orang dan mereka diperkenankan memasuki toilet yang diawasi anggota Propam dan menyerahkan air seninya pada petugas kesehatan menggunakan tempat yang telah disiapkan.

Kapolres Sikka menjelaskan, bahwa tes urine ini diadakan untuk memastikan anggota Polres Sikka terbebas dari penggunaan atau penyalahgunaan narkotika.

“Hari ini kita laksanakan tes urine secara mendadak kepada anggota yang bertugas di staf maupun di fungsi opsnal. Selain itu juga, merupakan pembinaan internal terhadap anggota, agar tidak main-main dengan narkoba. Tes urine ini dilaksanakan secara berkala dan acak,” tutur Kapolres.

Sementara itu, Kapolres juga menegaskan pihaknya akan menindak tegas siapa pun anggota Polri yang terlibat kasus penggunaan narkoba. Tidak ada tempat bagi pengguna narkoba di Polri, siapa saja yang terlibat sudah pasti akan hukum dengan dipidana.

“Tidak ada tempat bagi pengguna narkoba di kepolisian, siapa saja yang terlibat sudah pasti dipidana,” ucap Kapolres.

Kapolres menyatakan, peringatan itu disampaikan untuk seluruh anggota Polri khususnya anggota Polres Sikka agar tak menyentuh barang haram tersebut.

“Cicipi narkoba, bikin karir tamat, keluarga berantakan, hidup sengsara, akhirnya masuk penjara. Bagi seluruh anggota Polres Sikka, hentikan menggunakan narkoba. Bila ditemukan, saya pastikan diproses pidana,” pungkasnya.

Sementara, hasil tes urine dari 20 anggota Polres Sikka secara acak tidak ditemukan anggota yang positif menggunakan narkoba. (k21)