"Penertiban Pedagang dan Peresmian Indomaret Geliting Berlangsung Tertib dan Lancar"

Tribratanewssikka.com-Maumere. Jumat , 16 Agustus 2024, Pemerintah Kabupaten Sikka melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar melaksanakan penertiban terhadap para pedagang yang masih melakukan aktivitas jual beli di eks Pasar Geliting, Desa Geliting, Kecamatan Kewapante. 

Penertiban ini bertujuan untuk menertibkan pedagang yang masih berjualan di sepanjang Jalan Trans Maumere-Larantuka dan mengarahkan mereka untuk berjualan di Pasar Wairkoja yang telah disediakan oleh Pemda Sikka.

Penertiban yang dipimpin langsung oleh Kasat Pol PP dan Damkar Sikka, Drs. Adeodatus Buang Da Cunha, dimulai pukul 07.00 WITA. Para pedagang yang berada di lokasi eks Pasar Geliting diarahkan untuk pindah ke Pasar Wairkoja, yang terletak di Desa Wairkoja, Kecamatan Kewapante. Petugas juga ditempatkan di beberapa titik strategis di sepanjang jalan tersebut untuk mencegah aktivitas jual beli kembali berlangsung.

Selain penertiban, Polsek Kewapante bersama dengan Satuan Lalu Lintas Polres Sikka melaksanakan pengaturan arus lalu lintas di sekitar eks Pasar Geliting untuk mencegah kemacetan. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolsek Kewapante, AKP Alexander Suban, yang memastikan arus lalu lintas tetap lancar selama penertiban berlangsung.

 

Seiring dengan penertiban pedagang, pada pukul 13.00 WITA, Pj. Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera, SE, M.Si, bersama Ketua Penggerak PKK Kabupaten Sikka dan rombongan menghadiri peresmian Indomaret Geliting. Acara peresmian dimulai dengan penjemputan Pj. Bupati menggunakan musik Gong Waning, diikuti dengan tarian adat Huler Wair, serta sapaan adat dari tokoh adat Desa Geliting.

 

Acara peresmian ini diawali dengan sambutan dari Benz Manager Indomaret cabang Malang dan Flores, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pj. Bupati Sikka. 

 

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan nasi tumpeng oleh Pj. Bupati Sikka. Acara kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama, foto bersama, peninjauan toko, serta perlombaan karaoke dan fashion show yang melibatkan warga setempat.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Dinas Perizinan Kabupaten Sikka, Petrus Poling; Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sikka, Arkualinus; Camat Kewapante, Anselmus Moa, SE, M.Si; Kapolsek Kewapante, AKP Alexander Suban; Kepala Desa Geliting, Makarius Oskar; serta tokoh masyarakat dan adat Desa Geliting.Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan tertib dan berakhir pada pukul 15.00 WITA, dengan situasi aman terkendali. (Cm²⁴)