"Pengamanan Blayer Kemerdekaan Meriahkan HUT RI ke-79 di Sikka: 28 Tim Berkompetisi Tunjukkan Ketangguhan Mesin"

Tribratanewssikka.com-Maumere, 25 Agustus 2024 - Pada Sabtu, 24 Agustus 2024, Jalan Lingkar Luar Wairklau, Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, menjadi saksi kemeriahan lomba otomotif ketahanan mesin dan kopling pada kendaraan dua tak yang bertajuk Blayer Kemerdekaan. Acara ini diselenggarakan oleh Maumere Organisir Otomotif Club (MOOC) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79.

Acara dimulai pada pukul 13.00 WITA dan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sikka, Bapak Husein, yang mewakili Penjabat Bupati Sikka. Dalam sambutannya, Husein menyampaikan apresiasi atas semangat para peserta dan penonton dalam memeriahkan HUT RI ke-79 melalui kegiatan ini.

Turut hadir dalam acara ini adalah Pasiter Kodim 1603 Sikka, Kapten Infanteri Amran, yang mewakili Dandim 1603 Sikka, dan Kasat Narkoba Polres Sikka, IPTU Muslikan Sara, S.M., M.M., yang mewakili Kapolres Sikka. Selain itu, tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka juga bersiaga untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para peserta dan penonton.

Sebanyak 28 tim otomotif dari berbagai komunitas di Kabupaten Sikka dan sekitarnya berpartisipasi dalam Blayer Kemerdekaan ini. Tim-tim yang turut serta di antaranya adalah Tim Lorena KPM x Kraton, Tim D2 Garage, Tim Lynda, Tim GG Speed, Tim Kim Garage, Tim Family Garage Maumere, dan yang lainnyai.

 

Lomba ini dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Kelas KW, Kelas Campuran, dan Kelas FFA. Setiap kelas menampilkan ketangguhan mesin dan kopling kendaraan dua tak dalam berbagai tantangan yang dirancang khusus oleh panitia.

 

Kegiatan Blayer Kemerdekaan ini tidak hanya menarik perhatian pecinta otomotif, tetapi juga diawasi secara ketat oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk memastikan pelaksanaan lomba berjalan sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku.

 

Pengamanan acara ini juga diperkuat dengan kehadiran personil Polres Sikka yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Sikka, AKP Ratna Yuda Tupong, dan didampingi oleh Wakil Kepala Polsek Alok, IPDA Lorensius Laka. Pengamanan ini dilaksanakan sesuai dengan Surat Perintah Kapolres Sikka Nomor: Sprint/685/VIII/PAM.3.3./2024.

 

Acara Blayer Kemerdekaan ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari, dari Sabtu, 24 Agustus hingga Minggu, 25 Agustus 2024. Dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta dan penonton, acara ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi sarana mempererat silaturahmi dan memperkuat semangat kebersamaan dalam merayakan kemerdekaan Indonesia.

 

Seluruh rangkaian kegiatan pada hari pertama berakhir pada pukul 17.00 WITA dengan lancar, aman, dan penuh kegembiraan. Para peserta dan penonton pun menantikan kelanjutan acara pada hari berikutnya.( Cm²⁴)