Pengamanan Pendistribusian Logistik Pemilu Tahun 2024 ke Wilayah Kepulauan Kabupaten Sikka.

Pengamanan Pendistribusian Logistik Pemilu Tahun 2024 ke Wilayah Kepulauan Kabupaten Sikka.

Tribratanewssikka.com - Maumere Jumat, tanggal 9 Februari 2024, pukul 03.00 WITA, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka, Jalan El Tari Dalam, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, telah dilaksanakan pendistribusian logistik pemilu tahun 2024 ke TPS wilayah kepulauan dalam wilayah Kabupaten Sikka. Kegiatan ini merupakan tahap penting dalam persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan segera dilaksanakan.

Kegiatan pengangkutan logistik dari Gudang Logistik KPU dipimpin oleh Sekretaris KPU Sikka, Bapak Drs. Aloysius Elwis Da Rato, bersama dengan staf KPU Sikka. Rangkaian kegiatan dimulai pada hari sebelumnya, Kamis, 8 Februari 2024, pukul 18.30 WITA, di mana seluruh logistik diangkut dari Gudang Logistik Cadangan KPU Sikka (Gedung SIC) di Jalan Litbang, Kelurahan Kota Uneng, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka. Pengangkutan menggunakan 4 unit kendaraan yang disediakan oleh PT Pos Indonesia Cabang Maumere.

Kendaraan tersebut dengan rinciannya sebagai berikut: Kecamatan Alok Timur (Desa Kojadoi, Kojàgete, dan Parumaan): Mobil Box PT Pos dengan Nomor Plat D 8810 EP, pengemudi bernama Emanuel Octavianus.

Kecamatan Alok (Desa Semparong, Pemana, dan Gunung Sari): Mobil Truck dengan Nomor Plat S 8022 UK, pengemudi bernama Aji Bayu Prayoga. Kecamatan Palue: Mobil Truck dengan Nomor Plat EB 8392 PS, pengemudi bernama Erfanus Erfasoni.Mobil Mini Box dengan Nomor Plat B 9831 KCG, pengemudi bernama Petrico Eliano.

Seluruh kendaraan pengangkut logistik diparkir di Kantor KPU Sikka pada pukul 22.00 WITA untuk selanjutnya akan didistribusikan ke wilayah kepulauan.

Pada hari Jumat, 9 Februari 2024, pukul 03.00 WITA, Ketua KPU Kabupaten Sikka, Bapak Herimanto, SH., MH, didampingi Komisioner KPU Kabupaten Sikka memimpin pelepasan keberangkatan logistik pemilu tahun 2024. Pelepasan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat dan anggota Polres Sikka yang bertugas dalam pengamanan Pemilu di wilayah kepulauan.

Pukul 03.45 WITA, masing-masing kendaraan yang memuat logistik pemilu untuk wilayah kepulauan melakukan penurunan melalui dua pelabuhan laut, yaitu Pelabuhan Lorens Say Mamere dan Pelabuhan Rakyat di Nangahale Talibura.

Rincian logistik pemilu 2024 yang didistribusikan ke wilayah kepulauan antara lain:Untuk Kecamatan Palue, Desa Maluriwu, Desa Reruwairere, Desa Tuanggeo, Desa Ladolaka, Desa Nitunglea, Desa Rokirole, Desa Kesokoja, dan Desa Lidi.

Untuk Kecamatan Alok Timur, Desa Koja Doi, Desa Koja Gete, dan Desa Parumaan.Untuk Kecamatan Alok, Desa Pemana, Desa Semparong, dan Desa Gunung Sari.

Logistik tersebut meliputi surat suara untuk masing-masing jenis pemilihan, kotak suara, formulir berbagai jenis, alat bantu, dan perlengkapan lainnya yang diperlukan dalam proses pemungutan suara di TPS.

Dalam catatan terakhir, logistik pemilu tahun 2024 untuk wilayah kepulauan diberangkatkan dari Pelabuhan Laurens Say Maumere dan Dermaga Nangahale menggunakan kapal-kapal yang disiapkan, seperti KM Amor yang menuju Kecamatan Alok Timur dan KM Dharma Bahari menuju Kecamatan Palue.

Proses pendistribusian logistik pemilu tahun 2024 ke wilayah kepulauan Kabupaten Sikka ini berjalan lancar tanpa ada kendala berarti dan dikawal oleh petugas Kepolsian yang disprintkan untuk proses pendistribusiaan. Langkah ini merupakan bagian dari upaya KPU Kabupaten Sikka dan pihak kepolisian dalam memastikan terselenggaranya Pemilu 2024 yang berkualitas dan partisipatif bagi masyarakat.