Pohon Asam Tumbang di Hitohalok, Waigete, Mengganggu Arus Lalulintas, Kapolsek dan Masyarakat Bersatu Bersihkan Lokasi

Pohon Asam Tumbang di Hitohalok, Waigete, Mengganggu Arus Lalulintas, Kapolsek dan Masyarakat Bersatu Bersihkan Lokasi

Tribratanewssikka.com-Maumere.Jumat, tanggal 12 Juni 2024, sebuah kejadian mengejutkan terjadi di Hitohalok, Desa Runut, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka. 

Angin kencang yang melanda daerah tersebut pada pukul 21.00 WITA menyebabkan pohon asam tua tumbang di tepi Jalan Raya, menghalangi arus lalu lintas dari Maumere ke Larantuka.

Keesokan harinya, Sabtu, tanggal 13 April 2024, Kapolsek Waigete IPTU I Wayan Artawan, S.H. bersama anggota Pospol Talibura dan Anggota Koramil 1603-02 Talibura serta masyarakat sekitar bahu-membahu membersihkan lokasi kejadian. 

Dengan menggunakan peralatan sederhana seperti sensor dan parang milik masyarakat, mereka berhasil membersihkan ranting pohon yang tumbang tersebut.

 

Proses pembersihan selesai pada pukul 10.00 WITA, memungkinkan arus lalu lintas dari dan ke Maumere - Larantuka untuk kembali normal tanpa hambatan. Berita baiknya, kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa.

 

Menurut laporan, pohon asam yang tumbang tersebut sudah tua dan akarnya rapuh, sehingga tidak mampu bertahan ketika terjadi angin kencang. Kegiatan pembersihan berjalan lancar dan aman, berkat kerjasama semua pihak yang terlibat.

 

Kapolsek Waigete, IPTU I Wayan Artawan, S.H., menegaskan bahwa langkah preventif akan diambil untuk mengidentifikasi dan mengatasi potensi bahaya serupa di masa depan. 

 

Masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap kondisi pohon di sekitar wilayah mereka, untuk mencegah terjadinya kejadian serupa yang dapat membahayakan keselamatan dan mobilitas publik.

 

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penanganan cepat dan efektif terhadap insiden ini, serta mengingatkan untuk selalu memprioritaskan keselamatan bersama dalam setiap situasi yang mungkin terjadi.