Polres Sikka Gelar Apel Pengecekan Personel untuk Latihan Pra Operasi Mantap Praja Turangga 2024

Tribratanewssikka.com-Maumere, 22 Agustus 2024 - Dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Sikka yang aman dan kondusif, Polres Sikka mengadakan apel pengecekan personel yang terlibat dalam latihan pra operasi Mantap Praja Turangga 2024 Kamis ( 22/8). Apel ini juga menjadi bagian dari persiapan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang akan digelar dalam waktu dekat.

Apel pengecekan yang berlangsung di Lapangan Kota Baru, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, ini dimulai tepat pukul 08.00 WITA dan dipimpin langsung oleh Kapolres Sikka, AKBP Hardi Dinata H., S.I.K., M.M. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wadanyon Batalyon B Pelopor, AKP Agustinus Silvester, S.E., serta jajaran Pejabat Utama (PJU) dari Polres Sikka dan Brimob Yon B Pelopor Maumere.

Dalam arahannya, Kapolres Sikka menekankan pentingnya keseriusan setiap personel dalam mengikuti seluruh rangkaian simulasi yang telah diatur. "Simulasi Sispamkota ini sangat penting sebagai bagian dari persiapan kita dalam mengamankan Pilkada nanti. Saya minta seluruh personel mengikuti setiap tahapan dengan serius, sesuai dengan adegan yang telah ditetapkan," ujar Kapolres.

Senada dengan Kapolres, Kabag Ops Polres Sikka, AKP I Wayan Oka Deswanta, S.E., juga mengingatkan agar personel tidak bercanda atau tertawa selama pelaksanaan simulasi. "Simulasi ini bukan sekadar latihan, tetapi gambaran nyata dari situasi yang mungkin kita hadapi. Oleh karena itu, disiplin dan keseriusan adalah kunci," tambahnya.

 

Propam Polres Sikka merilis laporan bahwa berdasarkan surat perintah Kapolres Sikka Nomor: Sprint/681/VIII/Ops 1.3/2024, jumlah personel yang terlibat dalam latihan ini seharusnya sebanyak 423 orang. Namun, sebanyak 6 personel tidak dapat hadir dengan rincian 2 personel sakit, 2 personel cuti, dan 2 personel sedang bertugas di luar daerah. Dengan demikian, total personel yang hadir dalam apel pengecekan ini adalah 417 orang.

 

Setelah apel pengecekan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama antara Kapolres Sikka, para Pejabat Utama, perwira Polres Sikka, dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sikka. Simulasi Sispamkota kemudian dimulai, diikuti dengan serius oleh seluruh personel yang hadir.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polres Sikka untuk memastikan kesiapan personel dalam menghadapi potensi kerawanan yang mungkin muncul selama pelaksanaan Pilkada Kabupaten Sikka. Dengan adanya latihan dan simulasi seperti ini, diharapkan Pilkada dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar.(Cm²⁴)