Polres Sikka Gelar Patroli Lampu Biru untuk Ciptakan Kamseltibcarlantas di Wilayah Rawan

Tribratanewssikka.com - Maumere, 22 Oktober 2024 – Guna memastikan keamanan, ketertiban, serta keselamatan pengguna jalan di malam hari, Polres Sikka melalui Satuan Lalu Lintas melaksanakan kegiatan Patroli Lampu Biru di sejumlah titik rawan kemacetan, kecelakaan, dan tindak kriminalitas. 

Patroli yang berlangsung pada Senin malam (21/10) dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Sikka AKP Ratna Yuda Tupong, dengan didampingi KBO Sat Lantas IPDA Efraim Emanuel, Kanit Turjawali Aipda Misran Sodo Kaki, serta empat anggota lainnya.

Patroli dimulai pukul 20.30 WITA dari Mako Polres Sikka, melewati beberapa ruas jalan utama, termasuk Jalan Ahmad Yani, Jalan Surdiman, hingga seputaran Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Sikka. Rute ini mencakup wilayah yang dikenal sebagai kawasan dengan lalu lintas padat, serta memiliki potensi tinggi terjadinya kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Dalam keterangannya, AKP Ratna Yuda Tupong menjelaskan bahwa Patroli Lampu Biru ini bertujuan menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan, sekaligus mengingatkan para pengendara untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas. 

"Patroli ini tidak hanya untuk menjaga ketertiban lalu lintas, tetapi juga mencegah potensi kejahatan di malam hari, terutama di area yang minim penerangan," ujarnya.

Selain berfokus pada ketertiban lalu lintas, personel juga memberikan imbauan langsung kepada para remaja yang duduk di pinggir jalan agar tidak berlama-lama di luar hingga larut malam dan menjauhi konsumsi minuman beralkohol. Para pejalan kaki pun dihimbau untuk berhati-hati saat melintas di jalan raya pada malam hari guna menghindari kecelakaan.

Hasil dari patroli ini cukup positif, dengan terciptanya Kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) yang lebih baik di wilayah hukum Polres Sikka. 

 

Pengguna jalan semakin patuh terhadap peraturan lalu lintas, dan angka pelanggaran serta kecelakaan dapat ditekan. Patroli ini juga berhasil mengantisipasi adanya kegiatan yang berpotensi mengganggu keamanan di malam hari.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polres Sikka dalam mendukung terciptanya kondisi keamanan dan ketertiban yang kondusif menjelang pesta demokrasi di Kabupaten Sikka. ( Cm²4 )