Polres Sikka Terjunkan Polwan, Cek Para Pekerja Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024

Polres Sikka Terjunkan Polwan, Cek Para Pekerja Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024

Tribratanewssikka.com, Maumere - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPDU) Kabupaten Sikka mulai melakukan sortir dan pelipatan surat suara untuk pemilu 14 Februari 2024 mendatang. Pada tahapan itu, KPU melibatkan personel polisi wanita (polwan) Polres Sikka. Para personel itu melakukan pengecekan terhadap tenaga sortir dan lipat surat suara.

 

Wakapolres Sikka Kompol Ruliyanto J. P. Pahroen, S.Sos., S.I.K., mengatakan, dalam kegiatan pelipatan surat suara tersebut pihaknya melakukan pengamanan dengan melibatkan personel polisi yakni personel polisi wanita (Polwan).

 

“Kami melibatkan Polwan dalam pemeriksaan tenaga wanita pelipat surat suara pemilu 2024,” jelasnya.

 

Ia mengatakan, tujuan untuk menghindari terjadinya permasalahan dengan surat suara. Baik dalam bentuk surat suara hilang maupun potensi penyalahgunaan terhadap material surat suara tersebut .

 

“Pengamanan dilakukan dari tahap awal sterilisasi, pemeriksaan tenaga pelipatan yang telah ditunjuk oleh KPU dari petugas pelipat memasuki tempat hingga meninggalkan tempat pelipatan,” lanjutnya.

 

Dengan begitu, diharapkan tahapan sortir dan lipat surat suara berlangsung lancar dan aman, sehingga dapat menciptakan pemilu 2024 yang aman, damai, dan sejuk.

 

Wakapolres lanjut menjelaskan, penyotiran dan pelipatan surat suara untuk pemilu 2024 dimulai sejak hari ini. Para pekerja yang melakukan penyotiran dan pelipatan harus mematuhi aturan saat melipat. Diantaranya tidak diperkenanankan membawa alat handpohone hingga membawa tas.

 

“Jadi setiap pekerja masuk ke aula KPU ini. Mereka diperiksa oleh polisi. Mereka dilarang membawa HP, membawa Tas. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

 

Dengan begitu, diharapkan pelaksanaan penyotiran dan pelipatan surat suara berlangsung aman. Tidak ada kendala saat pelaksanaan penyotiran dan pelipatan surat suara.