Polsek Kewapante Gelar Koordinasi dengan Paroki Terkait Pelaksanaan Penerimaan Sakramen Komuni Suci Pertama 2024

Tribratanewssikka. Com - Maumere. Menjelang pelaksanaan Penerimaan Sakramen Komuni Suci Pertama tahun 2024, Polsek Kewapante melakukan kegiatan penggalian informasi dan koordinasi dengan pihak Paroki di wilayah hukumnya. Kegiatan ini dilakukan pada Rabu, 29 Mei 2024, pukul 10.00 WITA hingga selesai, di berbagai Paroki dalam wilayah hukum Polsek Kewapante.

Kanit Intelkam Polsek Kewapante, Bripka Apriyanto R. Abollanamang, bersama Kanit Binmas Polsek Kewapante, Aipda Yoseph P. Koles, melakukan kegiatan tersebut. Dalam koordinasi, diperoleh informasi bahwa kegiatan Penerimaan Sakramen Komuni Suci Pertama untuk Keuskupan Maumere akan dilaksanakan secara serentak pada Minggu, 2 Juni 2024.

 

Daftar Paroki dan Stasi di Wilayah Hukum Polsek Kewapante yang melaksanakan ibadah Sakramen Komuni Suci pertama antara lain Paroki Reinha Rosario Kewapante: 5 stasi Paroki Mater Boni Consili (MBC) Watublapi: 8 stasi.Paroki Santo Yosef Freinademetz Bolawolon: 2 stasi.Paroki Hati Yesus yang Maha Kudus Ili: 4 stasi. Paroki St. Maria Imakulata Assumpta Habi: 5 stasi.

 

Perlu diketahui bahwa Jumlah Anak yang Akan Menerima Sakramen Komuni Pertama adalahParoki Reinha Rosario Kewapante: 284 anakParoki Mater Boni Consili (MBC) Watublapi: 128 anak. Paroki Santo Yosef Freinademetz Bolawolon: 78 anak. Paroki Ili: 93 anak Paroki Habi: 138 anak. Total keseluruhan anak penerima Komuni Suci Pertama di wilayah hukum Polsek Kewapante mencapai 721 anak.

 

Informasi dari pihak Paroki menyatakan bahwa pelaksanaan Komuni Suci Pertama akan diadakan di paroki masing-masing. Untuk wilayah yang jauh dari paroki pusat, pelaksanaan akan dilakukan di stasi masing-masing, dipimpin oleh pastor pembantu yang diatur oleh Keuskupan Maumere. Peserta yang menunda acara syukuran akan dikenai sanksi dari masing-masing Paroki, sesuai hasil rapat di Keuskupan Maumere. 

 

Selain itu, pesta syukuran dilarang berlangsung berlebihan dan harus selesai sebelum pukul 00.00 WITA sesuai izin dari Kepolisian, yang akan diumumkan saat Misa penerimaan Sakramen Komuni Suci Pertama.

 

Catatan Penting dari kegiatan koordinasi tersebut adalah Paroki yang menunda pelaksanaan Komuni Suci Pertama akan mengikuti jadwal tahun 2025. Pelaksanaan Sakramen Komuni Suci Pertama tahun 2024 akan dilaksanakan secara serentak pada 2 Juni 2024.

 

Untuk kegiatan monitoring dan pengawasan Polsek Kewapante akan mengadakan pengamanan dan patroli selama pelaksanaan ibadah. Dan memastikan kegiatan Komuni akan berjalan dengan aman dan lancar.