Problem Solving, Si Bangga Dan Bhabinkamtibmas Bersinergi Bantu Mediasi Masalah Warga

Problem Solving, Si Bangga Dan Bhabinkamtibmas Bersinergi Bantu Mediasi Masalah  Warga

Tribratanewssikka.com, Maumere – Si Bangga “Polisi Sambang Warga” senantiasa hadir di tengah masyarakat, menghadirkan rasa aman kepada masyarakat. Si Bangga bertugas menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, menyampaikan program kepolisian, menyelesaikan masalah warga di wilayah tugasnya dan kegiatan lainnya yang berbaur dengan masyarakat.

Menindaklanjuti hal tersebut, Si Bangga Kelurahan Rw 001, Dusun Nara 1, Desa Lepolima, Kec. Alok Timur, Kab. Sikka Bripka Gusty Harapan bersama dengan Bhabinkamtibmas Desa Lepolima Bripka Naim Merja menyelesaikan masalah (problem solving), masalah perkelahian di RT 003, Dusun Nara 1, Desa Lepolima, Kec. Alok Timur, Senin (8/3/2021).

Dalam menyelesaikan masalah tersebut, Si Bangga Dan Bhabinkamtibmas menghadirkan kedua belah pihak yang mengalami perkelahian untuk dilakukan musyawarah penyelesaian masalah di rumah Ketua RT 003  dan kedua belah pihak memilih untuk berdamai dan saling memaafkan, sehingga petugas membuatkan surat pernyataan kepada kedua belah pihak agar tidak mengulangi lagi perbuatan ini.

Kedua belah pihak dan keluarga mengungkapkan terima kasih kepada petugas Si Bangga dan Bhabinkamtibmas yang telah membantu menjadi mediator dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dan bersedia bekerja sama mendukung Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Secara terpisah, Kapolres Sikka AKBP Sajimin, S.I.K., M.H., melalui Kasubbaghumas Polres Sikka Iptu Margono, SE, mengungkapkan bahwa sebagai seorang anggota Polri, harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi dini gangguan kamtibmas di sekitarnya.

Disamping itu juga harus kemampuan menyelesaikan permasalahan setiap kejadian yang ada di wilayah tugasnya. “Tentunya hasil kesepakatan ini dapat diterima oleh kedua belah pihak yang bermasalah tanpa melalui peradilan sebagai wujud memberikan pengayoman dan rasa keadilan. Dengan demikian juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat kepada Polri,” ungkap Kasubbag.  (k21)