RAPAT LINTAS SEKTORAL KESIAPAN OPERASI MANTAP PRAJA TURANGGA 2024 LINGKUP KAB. SIKKA

RAPAT LINTAS SEKTORAL KESIAPAN OPERASI MANTAP PRAJA TURANGGA 2024 LINGKUP KAB. SIKKA

Tribratanewssikka.com. Maumere. Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2024 terus bergulir. Menyikapi hal tersebut Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H, S.I.K., M.M. menginisiasi kegiatan Rapat Lintas sektoral. Sehingga pada hari ini Selasa, Tanggal 06 Agustus 2024 pukul 09.06 wita, Bertempat di Aula Rapat Satya Haprabu Polres Sikka Jalan Jenderal Ahmad Yani No 1 Kel. Kota Baru, Ke . Alok Timur,  Kab. Sikka, Dilaksanakan kegiatan "Rapat Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Mantap Praja Turangga 2024 Dalam Rangka PAM Pemilukada Serentak Tahun 2024 Tingkat Kab. Sikka".

Kegiatan rapat dipimpin oleh Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H., SIK.,MM dan dihadiri oleh, Mewakili Bupati Sikka, Asisten 2 Setda Sikka Ibu Konstantia Tupa Arankoja, S.Sos, Dandim 1603 Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo, Mewakili Kajari Sikka, Kasi Intel Kejaksaan Sikka Bapak Okky Prastyo Ajie, S.H.,M.H., Mewakili Kepala Basarnas Maumere Bapak Suryaman (Kasi Ops Basarnas), Kadis Dukcapil Kab. Sikka Bapak Johanes Putu Botha, Wadonyon B Pelopor Maumere AKP Agustinus Silvester, Ketua KPU Kab. Sikka Bapak Herimanto,S.H.,M.H., Kasi Intel Kodim Kapten I Nyoman Minggu Diana, Anggota Bawaslu Kab sikka, Bapak Yohanes Arizky, PJU Polres Sikka dan Kapolsek Jajaran Polres Sikka, Perwakilan Sat Pol PP Kab. Sikka Bapak Paskalis Jogo, GM PT. Pos Cab. Maumere Bapak Muchidzan Bain, Perwakilan Lanal Maumere , Sekertaris Kebangpol Kab. Sikka Polikarpus M. Mana dan Kabid Politik Kesbangpol Kab sikka Eka Parera.

Kapolres Sikka memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Rakor. Rakor Lintas Sektoral ini bertujuan untuk sama-sama menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan dukungan untuk mensukseskan Pikada. Polres Sikka sebagai garda terdepan pengamanan penyelenggaraan semua Tahapan Pilkada tidak bisa bekerja sendiri, sehingga membutuhkan peran serta dan dukungan dari semua, Baik TNI, Brimob, Basarnas, Pemkab Sikka dan seluruh masyarakat Kab. Sikka.

KPU Sikka selaku Penyelengga tentu dalam bekerja sangat membutuhkan Keamanan dan kenyamanan,  Jauh dari intervensi siapapun, Sehingga menghasilkan Pemimpin terpilih yg legitimate. Pemilu tidak boleh mengganggu roda perekonomian serta jalannya roda pemerintahan yang sah. NPHD s.d Pelantikan berarti lewat tahun 2024, hal ini pemda perlu croscek kembali dengan Kemendagri dalam hal penggunaan dana. Terdapat beberapa tahapan yang belum ada waktu pasti yakni Penetapan Paslon terpilih, PHap dan Pelantikan Paslon terpilih, Hal ini agar dikomunikasikan KPU dan Pemda, Agar Polres dapat mengatur pengamanannya.
Asisten 2 Setda Sikka yang mewakili PJ. Bupati Sikka Pilkada, Menyapaikan  bahwa saat ini walaupun kelihatan tenang- tenang saja namun di masyarakat dinamikanya mulai kelihatan adanya polarisasi dukungan calon.
Terkait DP4, Dukcapil terus berkordinasi dengan KPU Sikka. Diharapkan tahapan visi misi calon harus sama atau tidak keluar dari RPJMD Pemerintah. Untuk hibah NPHD pilkada telah cair. Bantuan SDM untuk penyelenggara berupa tenaga ASN telah Pemda penuhi. Terkait data pemilih sesuai jumlah penduduk terbaru. Terdapat 2.852 belum merekam, didalamnya terdapat 2.321 pelajar pemilih pemula dibeberapa SLTA. Kadis Dukcapil akan mempercepat progres perekaman dan Pencetakan E-KTP baik yang belum sama sekali, ataupun pemilih pemula (tersebar di beberapa SLTA). Pemda akan fokus bekerjasama dengan Polres sikka mengejar progres perekaman dan pencetakan hingga Penetapan DPT nanti tanggal 22 september 2024.

Ketua KPU menyampaikan untuk distribusi Logistik akan mengutamakan lokasi terluar dan terjauh. Untuk penetapan paslon terpilih untuk tanggalnya menunggu PHPU, Sehingga waktunya belum bisa dipastikan. Kami akan Atensi dan evaluasi terkait pengangkutan Logistik pasca pencoblosan dari TPS ke PPK. Kami akan atensi khusus terkait jaringan internet dan listrik serta SDM dalam mendukung penggunaan IT aplikasi dalam proses Pleno Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Dalam rapat ini, Kejaksaan siap mendukung Polres Sikka dengan bersama-sama mengakan hukum pada pelanggaran Pemilu. Hal ini akan ditindak lanjuti dalam Sentra Gakumdu bersama sama Bawaslu Sikka.

Rakor Lintas Sektoral ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam rangka persiapan PAM seluruh rangkaian Tahapan Pilkada serentak Tahun 2024 tingkat Kab. Sikka. Giat rakor lintas Sektoral berjalan lancar dan berakhir pukul 11.15 wita.