Unit Turjawali Sat Samapta Res Sikka Gencar Laksanakan Patroli Perintis Presisi Dan KRYD Jaga Sitkamtibmas Tetap Aman dan Kondusif Jelang Pelaksanaan Tahapan Pemilukada

Unit Turjawali Sat Samapta Res Sikka Gencar Laksanakan Patroli Perintis Presisi Dan KRYD Jaga Sitkamtibmas Tetap Aman dan Kondusif Jelang Pelaksanaan Tahapan Pemilukada

Tribratanewssikka.com ~ Maumere.
Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kab. Sikka terutama seputaran Kota Maumere menjelang pelaksanaan tahapan Pemilukada, Unit Turjawali dari Satuan Samapta Polres Sikka gencar melaksanakan Patroli Perintis Presisi dan KRYD. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan kriminalitas dan peningkatan keamanan bagi warga masyarakat menjelang pelaksanaan tahapan Pilkada, Minggu (25/8/2024).

Pukul 20.00 wita Anggota Unit Turjawali Polres Sikka dipimpin oleh Kanit Turjawali Aipda Agustinus Harapan melakukan patroli menyusuri rute di sepanjang jalan dan berbagai area penting di sekitar Kota Maumere. Regu patroli memantau semua kegiatan masyarakat dan kondisi di sekitar pusat-pusat keramaian, pemukiman penduduk, serta titik-titik rawan kriminalitas, Selain itu, Unit Turjawali juga aktif berinteraksi dengan masyarakat setempat untuk memperoleh informasi terkini mengenai potensi gangguan kamtibmas mengingat perkembangan sitkamtibmas di masyarkat selalu berubah seiring waktu, sehingga personil harus update sitkamtibmas terkini, Hal ini juga  bertujuan untuk membangun kedekatan, kepercayaan dan kerjasama antara kepolisian dengan masyarakat dalam upaya menjaga keamanan bersama. Sehingga dengan kedekatan itu, regu patroli mudah untuk menyampaikan pesan-pesan / himbauan kamtibmas.

Kapolres Sikka AKBP Hardi Dinata H., S.I.K., M.M. melalui Kepala Satuan Samapta Polres Sikka Iptu Putu Sumadi, S.H.  mengatakan bahwa kehadiran polri di tengah-tengah masyarakat terutama saat malam hari dan menjelang Pemilukada serentak adalah sebagai wujud nyata kehadiran Polri ditengah masyarakat dalam upaya preventif dalam mencegah tindak pidana dan menjaga sitkamtibmas tetap kondusif. Iptu Sumadi mengajak seluruh komponen masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kanit Turjawali Aipda Agustinus Harapan bersama anggota Turjawali Bripda Heribertus Y.S.P Wakor, Bripda Loisa De M.J Kompo, Bripda Marino Francho Wangga dan Bripda Assamir Rifqi Kalam antara lain, Di Jalan Gajah Mada Regu patroli menyambangi pemuda yang nongkrong di Terminal Madawat  dan menghimbau agar menjaga keselamatan dan kebersihan sekitar tempat tersebut, kemudian regu patroli menyarankan untuk segera kembali Ke kediaman masing - masing dikarenakan sudah larut malam, supaya tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan.


Regu Patroli menyambangi dan menghimbau pedagang di Pasar Alok yang sedang menjaga dagangannya agar tetap menjaga kamtibmas dan selalu memperhatikan  keamanan, A
apabila ada kejadian atau hal yang dii rasa mengganggu segera menghubungi Pihak Kepolisian atau menghubungi Call Center Res Sikka 110.


Regu patroli mendapati pengendara sepeda motor yang menggunakan kenlapot racing dan tidak menggunakan helm. Selanjutnya regu patroli memberikan himbauan agar pengendara sepeda motor menggantikan kenalpot tersebut dan saat berkendara wajib mematuhi aturan berlalu lintas dan untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.


Diseputaran Monumen Tsunami regu patroli menghimbau kepada  remaja yang  sedang berduaan agar senantiasa menjaga fasilitas barang yang ada di sekitar taman dan selalu menjaga keselamatan sehingga tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Dan dihimbau segera pulang ke rumah masing-masing.


Di Jalan Raja Centis Regu patroli mendapati beberapa pemuda yang sedang nongkrong bermain kartu. Selanjutnya Regu patroli menghimbau agar tidak bermain menggunakan uang ( Judi ) dan menyarankan untuk segera pulang karena waktu sudah semakin larut malam.

Dengan dilaksanakannya patroli  oleh Unit Turjawali Polres Sikka di wilayah seputaran Kota Maumere, diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat, Mencegah terjadinya tindak pidana yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban. Kegiatan ini mendapat responpoaitif dari warga masyarakat. Kegiatan patroli selesai pukul 23.00 Wita. Sitkamtibmas aman terkendali.